Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan penggunaan Menara Danareksa yang dibangun, dikembangkan, dan dikelola oleh PT PP (Persero), perusahaan konstruksi dan investasi nasional.

Pembangunan Menara Danareksa yang telah dimulai sejak tahun 2021 tersebut berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan No. 14, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Menara Danareksa diresmikan langsung oleh Menteri Erick Thohir yang ditandai secara simbolis melalui prosesi pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti, Jumat (26/5/2023).

“PT PP merupakan salah satu BUMN Karya yang memiliki salah satu kekuatan, yaitu expertise dalam pembangunan gedung-gedung sejenis. Contohnya beberapa kali saya menugaskan PT PP untuk membangun gedung hasilnya seperti ini “bagus”," kata Erick Thohir dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Menurut Erick, jajaran direksi PT PP memiliki komitmen yang luar biasa yang selalu Menteri BUMN ingatkan bahwa penugasan itu harus melalui bisnis proses. Contohnya adalah gedung ini dimana saya sejak awal mewanti-wanti harus visible karena memang kita memiliki cita-cita yang besar bahwa ketika IKN itu akan berdiri tentu aset-aset BUMN juga harus tetap kita tingkatkan nilainya.

Dia menambahkan bahwa seiring dengan rencana pemindahan Ibukota Negara ke IKN, Jakarta terus berbenah mempersiapkan diri. Menteri BUMN memahami kebutuhan Pemerintah DKI Jakarta dalam mempersiapkan kawasan Monas sebagai sebuah City Center baru dan memberi dukungan atas pembangunan City Center baru itu dengan meningkatkan nilai dari aset-aset BUMN yang ada di sekitar Monas.

Tiga aset BUMN bernilai tinggi berada di Selatan Monas, yaitu Gedung Kementerian BUMN, dan Gedung Menara Danareksa yang baru direnovasi dan diresmikan pagi tadi, serta BSI Tower yang sedang dalam proses renovasi.

Menteri BUMN juga mengatakan bahwa konsolidasi antar BUMN harus terus ditingkatkan sebagaimana yang tengah dijalankan oleh PT PP dan Danareksa saat ini. Menara Danareksa dikerjakan dengan rapih dan dengan kualitas yang bagus, selain itu kawasan ini juga merupakan aset yang bagus.

Menara Danareksa ini merupakan kerja sama antara PT PP sebagai investor, operator sekaligus kontraktor dengan PT Danareksa sebagai Land Lord. Kerja sama ini adalah kerjasama kegiatan bidang usaha komersial Rental Office & Retail dengan Skema KSU (Kerja Sama Usaha) – BOT (Build Operate Transfer) selama masa konsesi 30 tahun (2022-2052).

Total nilai Investasi adalah sebesar Rp824 Miliar dengan pembagian keuntungan PT PP 95 persen dan PT Danareksa 5 persen. Menara Danareksa memiliki 22 lantai yang terdiri dari 21 lantai menara dan 1 lantai basement yang didirikan di atas lahan seluas 9.300 meter per segi dengan Gross Building Area sebesar 55.397 meter per segi dan Semi Gross Area sebesar 36.223 meter per segi.

Dari total 22 lantai, Menara Danareksa menyediakan 17 lantai yang diperuntukkan untuk ruang perkantoran dan Retail Area yang terdapat pada lantai Ground dan Upper Ground serta podium parkir yang terdiri dari 8 lantai dengan kapasitas maksimal 400 kendaraan.

Selain itu, Menara Danareksa dilengkapi dengan ruang pertemuan yang luas, modern, dan fasilitas yang komprehensif. Gedung ini memiliki Aryanusa Ballroom yang memiliki kapasitas sebesar hingga 1.000 orang.

Menara Danareksa juga memiliki 7 ruang rapat (Anantara, Port, Bridge, Energy & urban Meeting Room) dengan kapasitas mulai dari 15-150 orang.

Menara Danareksa yang dikelola dan dikembangkan oleh PT PP ini telah beroperasi secara bertahap sejak bulan Oktober 2022 lalu. Hingga saat ini, Menara Danareksa telah menjalankan sejumlah kegiatan besar seperti rapat, pernikahan, dan salah satunya adalah event intimate concert bersama Judika di bulan Februari lalu. Year to Date Kontrak tenan mencapai keterisian sebesar 82 persen, dimana saat ini 62 persen telah beroperasi dan 20 persen sedang progress fitting out.

Beberapa tenant kantor yang sudah beroperasi antara lain Danareksa (Holding Capital, dan Finance), Kominfo, Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Pusat, Kyodo News, PT Ice Messengger Indonesia (Indochat), Kawasan Industri BUMN, dan Kliring Berjangka Indonesia. Selain kantor, UNPAD Kampus Jakarta juga telah beroperasi di Gedung Menara Danareksa.

Tenant Banking yang saat ini sudah beroperasi, antara lain Bank Mandiri, Bank Syariah Indonesia, dan dilengkapi dengan ATM Center beberapa bank yang sedang fitting out. Tenant F&B yang sudah beroperasi adalah Liberica dan Aroem Manis. Beberapa tenant makanan dan minuman lainnya sedang fitting out di food court.

Direktur Utama PT PP (Persero) Novel Arsyad mengatakan Menara Danareksa merupakan gedung perkantoran Grade A yang di disain dengan modern dan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai serta berada di lokasi yang strategis dan berdekatan dengan kawasan Monumen Nasional.

"Sinergi BUMN ini merupakan wujud nyata kami dalam berkontribusi terhadap Indonesia yang tentu saja tidak lepas dari dukungan dan andil yang besar dari Kementerian BUMN sehingga dapat terealisasi sebagai karya nyata dari BUMN untuk Indonesia”, ujar Novel.

Baca juga: PT PP catatkan kontrak baru Rp4,08 triliun sampai Maret 2023
Baca juga: Menteri BUMN siap lakukan merger BUMN Karya di bawah Danareksa
Baca juga: Danareksa Investment: Reksa dana syariah cocok bagi investor pemula

 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023