Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa menguat pada awal perdagangan Jumat, didorong oleh sektor pertambangan dan teknologi, meskipun indeks acuan utama berada di jalur penurunan tajam mingguan karena meningkatnya kekhawatiran investor atas kebuntuan negosiasi pagu utang AS dan ekonomi global yang melambat.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa terkerek 0,4 persen pada pukul 07.07 GMT, setelah ditutup pada level terendah delapan minggu sehari sebelumnya.

Sektor pertambangan melonjak 2,6 persen, mengikuti rebound harga logam, karena suasana global membaik setelah sedikit kemajuan yang dibuat dalam negosiasi plafon utang AS, sementara saham sektor teknologi memperpanjang kenaikan baru-baru ini.

Juga mengangkat penambang, Rio Tinto melambung 3,6 persen setelah Morgan Stanley meningkatkan peringkat sahamnya menjadi "overweight" dari "equal weight".

Saham perusahaan supermarket Prancis yang dililit utang, Casino, merosot hampir 9,0 persen ketika mereka melanjutkan kembali perdagangan setelah ditangguhkan awal pekan ini.

Perusahaan pengecer itu mengatakan bahwa secara resmi pihaknya telah memulai negosiasi yang didukung pengadilan dengan para kreditornya, mencari jalan keluar dari kesengsaraan keuangannya sambil mempertimbangkan dua penawaran dari investor kaya.

Saham ProSiebenSat.1 bergerak 0,2 persen lebih tinggi setelah grup perusahaan media Jerman itu mengonfirmasi prospek setahun penuh.

Baca juga: Wall Street ditutup beragam di tengah reli saham teknologi
Baca juga: Minyak naik di Asia di tengah ketidakpastian pemotongan pasokan OPEC+
Baca juga: Emas melemah lagi karena dolar kian perkasa didukung data ekonomi kuat

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023