Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin memuji Jawa Timur yang mendapatkan predikat sebagai Juara Umum dalam Anugerah Adinata Syariah 2023 sebagai daerah yang menjadikan sektor-sektor ekonomi syariah sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru di tingkat provinsi.

"Jawa Timur itu sampai mendapat tiga medali emas juga ekonomi mikro kecil syariah dan juga ada beberapa, jadi artinya di daerah itu sudah tumbuh dan kita harapkan tahun depan ada daerah lain yang mendapat juara umum dan seterusnya," kata Wapres Ma'ruf Amin di Jakarta,Jumat.

Wapres Ma'ruf Amin hadir sebagai Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) selaku penyelenggara Anugerah Adinata Syariah 2023. Hadir juga dalam acara tersebut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang merupakan Bendaraha KNEKS dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai anggota KNEKS.

"Secara khusus, saya memberikan apresiasi kepada pemerintah provinsi yang memperoleh penghargaan Anugerah Adinata Syariah Tahun 2023," ungkap Wapres.

Penghargaan Anugerah Adinata Syariah tersebut menurut Wapres mendorong supaya provinsi terus mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah di masing- masing daerahnya.

"Sebab pada hakikatnya perkembangan ekonomi dan keuangan syariah itu ada di daerah kegiatannya, sangat bergantung dengan pemerintah daerah. Ketika pemerintah daerah itu memiliki semangat untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi syariah seperti di Jawa Timur, Sumatera, Riau, (ekonomi syariah) itu terus bertumbuh juga di daerah lain dan ini juga kita mendorong daerah  lain untuk mengembangkan ekonomi syariahnya," jelas Wapres.

Wapres berharap provinsi-provinsi di Indonesia dapat menciptakan ketahanan ekonomi nasional yang semakin kokoh, serta pembangunan ekonomi yang inklusif, berkeadilan, dan berkelanjutan. Utamanya dengan membangun sinergi dan akselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dari pusat hingga daerah.

"Apresiasi saya sampaikan juga kepada 16 Pemerintah Provinsi yang telah membentuk Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS). Saya menitipkan harapan kepada daerah-daerah lainnya untuk dapat menyusul pembentukan kelembagaan ini. Tinggal berapa daerah, separuh ya, separuhnya belum," ungkap Wapres.

Pemerintah Jawa Timur meraih predikat sebagai Juara Umum dalam Anugerah Adinata Syariah 2023. Penghargaan disampaikan oleh Wapres Ma'ruf Amin dan diterima langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Anugerah Adinata Syariah terdiri atas 10 kategori yang meliputi ekosistem ekonomi syariah yaitu keuangan syariah, industri halal, keuangan sosial syariah, keuangan mikro syariah, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi pesantren, ekonomi hijau dan berkelanjutan.

Selanjutnya pengembangan ekonomi syariah di daerah, zona KHAS (kuliner halal, aman, dan sehat), inkubasi usaha syariah, serta pada kategori program inovasi sektor ekonomi syariah.

Setiap kategori memiliki dimensi dan indikator penilaian yang beragam, mulai dari aspek regulasi, realisasi, kondisi organisasi, jumlah program, dan dampak program. Penilaian dilakukan berdasarkan survei yang kemudian diolah dengan metode "analytical hierarchy process" (AHP) sehingga menghasilkan lima pemenang untuk setiap kategori.

Baca juga: Wapres harap literasi publik soal ekonomi-keuangan syariah meningkat
Baca juga: Begini pesan Wapres Ma'ruf Amin soal asuransi syariah

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023