Pertamina memastikan akan memberikan layanan maksimal dalam memenuhi kebutuhan avtur bagi maskapai penerbangan di masa musim haji 2023
Banda Aceh (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) menjamin ketersediaan avtur untuk melayani penerbangan haji di Embarkasi Aceh, Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Aceh Besar.

“Pertamina memastikan akan memberikan layanan maksimal dalam memenuhi kebutuhan avtur bagi maskapai penerbangan di masa musim haji 2023,” kata Manager Corporate, Operation and Services (COS) Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Riki Madyanto dalam keterangan tertulis diterima di Banda Aceh, Jumat.

Ia menyebutkan khusus Bandara Internasional SIM, konsumsi Avtur diperkirakan dapat mencapai kira-kira 1.652 KL.

Baca juga: Pertamina pastikan ketersediaan avtur untuk penerbangan haji

“Pertamina Patra Niaga melalui unit operasinya di DPPU SIM memastikan bahwa pasokan avtur untuk melayani haji dan juga penerbangan regular domestik dalam keadaan aman dan tersedia,” katanya.

Ia merincikan penerbangan haji tahun 2023 di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) akan berlangsung dalam 2 fase yaitu fase 1 tanggal 24 Mei - 22 Juni 2023 dan fase 2 pada tanggal 3 Juli – 2 Agustus 2023.

Bandara SIM akan melayani 12 kloter haji di masing-masing fase 1 dan fase 2 dengan total 24 penerbangan haji pada tahun 2023 ini.

Adapun ketahanan stok Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) SIM pada 25 Mei 2023 di atas angka 10 hari, angka tersebut belum termasuk dengan stok di kilang dan stok yang berada dalam kapal tanker.

“Konsumsi avtur harian untuk layanan haji diperkirakan bisa mencapai 74 KL/hari dalam masa layanan haji di Bandara SIM,” kata Riki.

Riki menjelaskan beberapa persiapan yang DPPU SIM lakukan yaitu berkoordinasi dengan maskapai penerbangan dan otorita bandara untuk memastikan jadwal penerbangan haji di bandara internasional SIM.

Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut juga memastikan bahwa kondisi sarana fasilitas DPPU SIM dalam keadaan yang baik dengan memenuhi aspek HSSE serta mengalokasikan SDM yang handal dan memadai untuk melayani kebutuhan avtur maskapai penerbangan haji.

Ia menambahkan bagi masyarakat dan pelanggan setia Pertamina yang membutuhkan informasi terkait produk dari Pertamina dapat memanfaatkan layanan Pertamina Call Center di nomor 135.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Freddy Anwar mengatakan selain memastikan kebutuhan avtur yang meningkat, pihaknya juga menjamin supply untuk penerbangan lainnya baik itu internasional atau domestik tetap akan terjaga dengan baik di Bandara SIM.

“Kami pastikan kebutuhan avtur untuk Bandara SIM aman dan siap mendukung penyediaan energi ini,” kata Freddy.

Ia menambahkan, pihaknya juga menyiapkan tambahan pasokan avtur untuk melayani penerbangan jemaah haji di empat bandara embarkasi haji 2023.

Adapun keempat bandara yang menjadi embarkasi haji tahun 2023 di wilayah Sumbagut meliputi Bandar Udara Internasional Kualanamu, Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda, Bandar Udara Internasional Hang Nadim dan Bandar Udara Internasional Minangkabau, sedangkan Provinsi Riau akan diberangkatkan melalui Bandar Udara Internasional Hang Nadim di Batam.

Baca juga: Pertamina prediksi penggunaan avtur naik di Aceh

 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023