Jakarta (ANTARA) - Perusahaan sistem integrasi yang berfokus pada cloud solution, ICS Compute meraih penghargaan dari Amazon Web Services (AWS) yakni Indonesia Partner of the Year 2023 serta Channel Partner Private Offers (CPPO) sebagai mitra lokal Indonesia yang pertama.

“Penghargaan tersebut merupakan bentuk pengakuan terhadap kompetensi kami sebagai penyedia cloud computing," kata CEO ICS Compute Budhi Wibawa di Jakarta, Jumat.

Budhi menjelaskan, penghargaan Indonesia Partner of the Year juga menjadi bukti kuatnya komitmen dalam memberikan solusi teknologi terbaik kepada pelanggan di Indonesia.

Berdasarkan data International Data Corporation (IDC), pasar cloud di Indonesia diprediksi akan menembus angka 1,3 miliar dolar AS (Rp19,4 triliun) pada pada 2025, dengan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 28,1 persen dalam rentang waktu lima tahun antara 2020-2025.

Baca juga: AWS kerja sama dengan ICS Compute untuk akselerasi mitra

Sementara itu, kinerja bisnis perusahaan mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 120 persen pada 2022, ditambah lini bisnis consulting yang meliputi professional services dan managed services yang juga bertumbuh 63 persen pada periode yang sama.

"Kami tetap berkomitmen untuk menyediakan solusi mutakhir berkolaborasi dengan Tim AWS, ISV Partner untuk mendorong transformasi digital dan kesuksesan bisnis di Indonesia," ujarnya.

Setelah sebelumnya meraih Kompetensi Development Operation (DevOps), tahun ini ICS Compute juga menorehkan catatan penting melalui penambahan Kompetensi Migrasi dari AWS.

Pencapaian tersebut juga menunjukkan dedikasi ICS Compute dalam membantu klien agar mampu bermigrasi ke platform cloud, sekaligus memberikan solusi terbaik dengan menggunakan praktik terbaik sesuai standard AWS yang meliputi keamanan infrastruktur, keunggulan dalam operasional, keandalan, efisiensi kinerja, optimisasi biaya, dan yang penting adalah keberlanjutan dari infrastruktur itu sendiri.

Baca juga: Snowflake luncurkan layanan data cloud di Indonesia kepada mitra

Lebih lanjut Budhi menyampaikan, pencapaian CPPO yang pertama di Indonesia menjadikan pelanggan dapat melakukan pembelian software atau lisensi IT melalui AWS Marketplace, yang merupakan katalog digital dengan ribuan daftar perangkat lunak.

Saat ini ada 310.000 penyedia teknologi yang sudah bergabung dalam AWS Marketplace, sehingga memudahkan pelanggan dalam melakukan pencarian terhadap software yang sesuai dengan kebutuhan IT.

“Kami akan terus meningkatkan kapabilitas agar mampu memberikan dukungan terbaik, terutama pelanggan yang telah berpindah ke cloud dan ingin menggunakan advanced features dari AWS," katanya.

Baca juga: SAP SE bermitra dengan perusahaan AI, kenalkan solusi Datasphere

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023