Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN Yohannes Abraham mengatakan bahwa AS menyambut baik adopsi peta jalan Timor Leste untuk menjadi anggota organisasi regional itu secara penuh.

“Setahu saya, Indonesia telah bekerja dengan baik saat menjadi tuan rumah ASEAN," kata Abraham kepada ANTARA di Jakarta, Jumat.

"Di antara topik utama yang dibahas, kami menyambut baik adopsi peta jalan bagi Timor Leste untuk bergabung dengan ASEAN, dan berharap dapat mendukung Timor Leste dan ASEAN dalam proses tersebut,” sambung dia.

ASEAN menjalin hubungan kerja sama dan dialog kemitraan dengan beberapa negara di luar kawasan, termasuk organisasi, lembaga subregional, regional, dan internasional.

Adapun AS telah menjadi mitra wicara ASEAN sejak 1977.
Baca juga: Sekjen ASEAN berharap Timor Leste bekerja keras jadi anggota penuh

Menurut Abraham, AS sangat berkomitmen mendukung sentralitas ASEAN. Dia menambahkan bahwa AS dan ASEAN memegang teguh nilai-nilai yang sama, termasuk dalam menghormati sistem hukum dan prinsip-prinsip internasional berbasis aturan yang melindungi kedaulatan semua negara.

Sebelumnya, pada KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo pada 10-11 Mei lalu, Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat bergabung kepada Timor Leste sebagai bagian dari keluarga ASEAN yang baru dan untuk pertama kalinya hadir dalam KTT organisasi regional tersebut.

Timor Leste secara resmi mengajukan diri untuk menjadi anggota ASEAN pada 2011, tetapi baru disetujui pada KTT di Phnom Penh, Kamboja, November tahun lalu.

Dili masih harus memenuhi kewajiban sebagaimana yang sudah disepakati dalam peta jalan, yang telah diadopsi oleh para anggota ASEAN pada KTT ke-42 di Labuan Bajo, sebelum bisa diterima menjadi anggota ke-11 ASEAN secara penuh.

Peta jalan tersebut merupakan langkah yang harus ditempuh Timor Leste untuk partisipasi penuh, termasuk dalam memenuhi perjanjian atau traktat yang ada dalam tiga pilar ASEAN; politik keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

Baca juga: ASEAN setujui peta jalan Timor Leste untuk jadi anggota penuh
Baca juga: Bisa gabung ASEAN, PM Timor Leste berterima kasih ke Indonesia

Baca juga: Pesan rekonsiliasi dan kesetaraan di balik Timor Leste masuk ASEAN

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023