Jakarta (ANTARA) - Pelatih Bayern Muenchen Thomas Tuchel menegaskan timnya harus meraih kemenangan di partai terakhir Bundesliga musim 2022/2023 saat tandang melawan FC Cologne di Stadion Rhein-Energie, Sabtu (27/5) pukul 20.30 WIB.

Bayern Muenchen baru saja kehilangan tahta puncak klasemen sementara setelah di laga sebelumnya takluk dari RB Leipzig 1-3 sedangkan kompetitor terdekat Borussia Dortmund menang atas FC Ausburg 3-0 di pekan yang sama.

Hasil tersebut membuat perubahan di papan klasemen sementara, Dortmund tampil sebagai pemuncak klasemen dengan mengoleksi 70 poin dan Bayern berada di urutan kedua dengan 68 poin.

"Situasi kami benar-benar jelas, kami harus menang dan kami membutuhkan bantuan dari orang lain," kata Tuchel dalam konferensi persnya, dilansir dari laman resmi Bayern Muenchen, Jumat.

Berjarak dua poin dari sang rival dengan sisa satu pertandingan, Tuchel masih optimistis timnya dapat mempertahankan gelar Bundesliga karena menurutnya semua masih bisa terjadi dalam sepak bola.

"Apa pun bisa terjadi dalam pertandingan. Yang diperlukan hanyalah satu momen tanpa perhatian. Kami akan terus melakukannya dan berusaha melakukannya sebaik mungkin. Seluruh fokus tertuju pada pertandingan final,” ucap Tuchel.

Baca juga: FC Hollywood yang memainkan drama getir di tangan Thomas Tuchel

Tuchel menyadari bahwa laga melawan Cologne tidak akan mudah karena tim asuhan Steffen Baumgart itu sering memenangkan penguasaan bola dan kuat dalam permainan fisik.

Di pertemuan pertama, Die Roten kesulitan meraih poin dari Cologne saat bermain di kandang sendiri, Allianz Arena. Saat itu, gol menit akhir Joshua Kimmich membuat Bayern terhindar dari kekalahan dan mengamankan satu poin.

“Mereka sering memenangkan penguasaan bola di lapangan dan sangat mengandalkan elemen fisik,” kata Tuchel.

“Mereka akan bermain dengan energi tertentu di pertandingan terakhir. Sangat sulit untuk mencetak gol dan menang di Cologne,” tambahnya.

Untuk mengatasi kesulitan itu, Tuchel mengatakan timnya perlu fokus yang tinggi dan berpegang teguh kepada strategi yang sudah diusung agar dapat membawa pulang tiga poin.

“Kami membutuhkan fokus penuh dan untuk memenangkan pertempuran ini kami harus mengeluarkan seluruh kualitas permainan sejak detik pertama dan tidak boleh kehilangan konsentrasi,” kata pelatih 49 tahun itu.

“Kami harus berpegang teguh pada rencana agar dapat melukai Köln dan memenangkan pertandingan ini,” lanjutnya.

Jika gagal meraih kemenangan di laga pamungkas, maka Bayern dipastikan gagal juara Liga Jerman untuk 11 kali berturut-turut sejak musim 2012/2013 dan juga harus menerima kenyataan nihil trofi di musim ini.

Baca juga: Dortmund kembali puncaki klasemen Bundesliga seusai hajar Augsburg 3-0
Baca juga: Edin Terzic: Ini pekan yang sangat spesial bagi kami


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023