Pertama kami (Liga 1) kick off lebih awal, 1 Juli....
Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama (Dirut) PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) Ferry Paulus mengatakan Liga 1 direncanakan bakal melakukan kick off pertandingan pembuka pada 1 Juli 2023 mendatang.

"Pertama kami (Liga 1) kick off lebih awal, 1 Juli, harapan kami musim depannya lagi kita kick off ikut sesuai kalender Liga Eropa yaitu Agustus," kata Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus kepada pewarta usai ditemui setelah pelantikan Pengurus PSSI, di Hotel Fairmont, Jakarta, Jumat (26/5).

Ferry Paulus juga mengungkapkan saat ini agenda dan jadwal kick off itu sudah sesuai karena proses perizinan terkait verifikasi ulang dan sinkronisasi stadion berjalan dengan baik.

"Perizinan itu semua on track artinya, memang proses perizinan ini dimulai dengan adanya verifikasi ulang dan sinkronisasi stadion yang baik," kata Ferry Paulus.

Namun saat ini PT LIB dan PSSI sedang berkoordinasi dengan pihak keamanan terkait dengan jadwal kompetisi yang bakal keluar dalam tempo dekat dari kepolisian.

"Beberapa persyaratan yang perlu harus diperbaiki sedang dalam proses, terutama yang ada keterkaitan dengan keamanan. Kemudian, detail jadwal yang dalam waktu dekat ini sudah akan keluar. Karena memang komitmen dari pihak kepolisian sama persis yang kami ingin dan rancang dan paling terlambat mungkin 2-3 minggu sebelum kick off itu sudah bisa didapatkan," ujar pria yang pernah menjadi exco PSSI tahun 2007-2011 itu.

Ke depannya Liga 1 akan dihentikan apabila bertabrakan dengan kalender FIFA match day, berbeda dengan beberapa musim sebelumnya yang masih menjalankan liga meskipun bertubrukan dengan agenda FIFA.

"Paling penting bahwa apa yang kami rencanakan ada bagian-bagian yang harus betul-betul kita off, misalkan seperti FIFA Match Day sudah pasti, beberapa agenda internasional yang harus diikuti, terus ini yang agak unik, bukan unik juga tetapi dukungan liga terhadap timnas di persiapan menuju Piala Asia, itu liga off dari tanggal 20 Desember sampai berakhirnya Piala Asia," kata Ferry Paulus.

Baca juga: Maman Abdurahman dan Tony Sucipto masih bela Persija musim depan
Baca juga: Arya Sinulingga sebut masih perlu waktu untuk aplikasikan VAR

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023