Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa bidang politik terjadi pada Jumat (26/5), mulai dari Wapres Ma'ruf Amin berharap angka Warga Negara Indonesia (WNI) berpendidikan tinggi semakin naik hingga mantan menteri Sarwono Kusumaatmaja tutup usia.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.

1. Wapres harap angka WNI berpendidikan tinggi semakin naik

Wakil Presiden Ma'ruf Amin berharap angka masyarakat yang menempuh pendidikan tinggi semakin meningkat, salah satunya lewat gerakan alumni pelajar Indonesia di luar negeri untuk memberikan inspirasi.

Dalam pembukaan acara "Alumni Connect Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia" di Jakarta, Jumat, Ma'ruf Amin merujuk data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tahun 2022 yang menyebutkan bahwa penduduk dengan pendidikan doktoral hanya 0,02 persen; master sekitar 0,3 persen; dan sarjana kurang dari 5 persen.

Selengkapnya di sini.

2. Khofifah enggan tanggapi pengusungan namanya sebagai cawapres

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa enggan menanggapi namanya masuk dalam nama-nama calon wakil presiden yang diusung untuk Pemilu 2024.

"Sampun, maturnuwun, maturnuwun (sudah, terima kasih, red) sudah, sudah soal itu," kata Khofifah di Jakarta pada Jumat.

Selengkapnya di sini.

3. Wapres Ma'ruf minta kaum terdidik tidak jadi makelar pembangunan

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta agar kaum terdidik khususnya generasi muda yang mengenyam pendidikan tinggi tidak menjadi makelar pembangunan.

"Generasi muda dan kaum terdidik menjadi generasi baru yang mendorong semangat produktivitas dan nilai tambah ekonomi, bukannya menjadi makelar pembangunan atau pelaku pemburu rente," kata Wapres Ma'ruf Amin di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

4. Pengamat: Lima kader NU layak jadi cawapres

Pengamat Universitas PGRI Argopuro Jember Moch Eksan mengatakan lima kader Nahdlatul Ulama layak menjadi kandidat wakil presiden periode 2024-2029 yakni Muhaimin Iskandar, Khofifah Indar Parawansa, Mahfud MD, Erick Thohir, dan Sandiaga Uno.

"Lima nama tersebut layak sebagai calon wakil presiden untuk digandeng oleh calon presiden yang ada. Para capres sama-sama mengincar figur-figur tersebut," katanya di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Jumat.

Selengkapnya di sini.

5. Mantan menteri Sarwono Kusumaatmaja tutup usia

Mantan menteri era Presiden Soeharto dan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Sarwono Kusumaatmaja, tutup usia di Penang, Malaysia, pada pukul 15.14 waktu setempat.

“Kami keluarga besar Partai Golkar merasakan dukacita mendalam atas kepergian tokoh sekaligus senior kami, Bapak Sarwono Kusumaatmadja,” ujar anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

Baca juga: Sarwono Kusumaatmadja meninggal dunia di Penang, Malaysia

Baca juga: Wapres: Operasi penyelamatan pilot Susi Air perlu perhitungan

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023