Ini bukan hanya mengharumkan nama Jakarta, tetapi juga bangsa Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengapresiasi produk ramah lingkungan karya siswa dari Sievasco Student Company, perusahaan pelajar yang dikelola SMAN 81 Jakarta yang akan mengikuti kompetisi internasional Asia Pasific Company of the Year (AP COY) di India.
 
"Ini bukan hanya mengharumkan nama Jakarta, tetapi juga bangsa Indonesia. Terlebih, karya yang dihasilkan adalah produk ramah lingkungan, salah satunya dengan menggunakan limbah ban sebagai bahan dasar pembuatan produk," kata Heru dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.
 
Heru melepas 17 siswa tersebut di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat kemarin. Siswa tersebut yang nantinya akan beradu ide, gagasan, dan produk ramah lingkungan yang mereka ciptakan di kancah Asia Pasifik setelah berhasil memenangkan perlombaan di tingkat nasional.
 
Dalam kesempatan itu, Heru didampingi Sekretaris Daerah DKI Jakarta Joko Agus Setyono dan Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat, berpesan agar para siswa turut berbagi informasi mengenai Jakarta kepada siswa negara-negara lain, sehingga Jakarta semakin dikenal.
 
"Sempatkan bercengkerama dengan siswa asing, bertukar pikiran dan gagasan tentang Jakarta. Ceritakan juga soal Jakarta, tentang Ibu Kota yang akan pindah dari Jakarta ke IKN, tentang Indonesia, agar semakin banyak yang mengenal bangsa kita," ujar Heru.
 
Selain itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Syaefuloh Hidayat menjelaskan, apresiasi dan motivasi dari Heru bersama jajaran Dinas Pendidikan sebagai bentuk dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada para siswa yang akan bertanding di tingkat Asia Pasifik.
 
"Mereka adalah yang berhasil melaksanakan program kewirausahaan di sekolah dan sudah mengikuti berbagai seleksi, dari tingkat regional, lalu tingkat nasional, dan kemudian mereka akan mewakili Indonesia di level Asia Pasifik. Kita doakan supaya sukses, harapannya untuk seluruh siswa agar tetap berkarya dan berprestasi," jelas Syaefuloh.
 
Adapun Sievasco Student Company merupakan perusahaan yang diinisiasi siswa untuk memikirkan ide bisnis yang dapat digali dan memiliki dampak positif bagi masyarakat.
 
"Anak-anak sangat termotivasi dalam mengembangkan kewirausahaan, karena di dalamnya mereka diasah jiwa berbisnis, berpikir kritis, dan membuat ide yang berguna atau berdampak bagi masyarakat. Salah satu produknya adalah Tasca, tas yang dihasilkan dari ban bekas," terang Kepala SMAN 81 Jakarta, Joko Arwanto.
 
Di samping itu, Wakil Presiden Sievasco Student Company SMAN 81 Jakarta Fahri Indra mengaku bangga dengan siswa yang memiliki kesempatan mengikuti kompetisi ini.
 
"Nanti di sana kami akan mempresentasikan produk kami, lalu diwawancara panelis. Kami juga akan mengikuti trade fair (pameran dagang), dan itu akan dihadiri oleh juri untuk menilai produk kami," kata Fahri.
 
Fahri menambahkan, persiapan perusahaannya itu sudah sangat maksimal, sehingga pihaknya optimis dapat pulang membawa gelar juara.
 
"Kami optimis karena sudah menjuarai di tingkat regional dan nasional. Saya yakin produk kami beda dari yang lain dan ramah lingkungan," tegas Fahri.
Baca juga: DPRD DKI minta sosialisasi pengolahan limbah B3 ditingkatkan
Baca juga: DLH DKI uji coba sistem pengolahan sampah jadi bahan bakar alternatif
Baca juga: Kesadaran warga memilah sampah kian meningkat di Jakarta

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023