Festival musik Senggigi Sunset Jazz 2023 merupakan tahun kelima dan dinilai sukses menyedot puluhan ribu pengunjung.
Lombok Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengundang sejumlah musisi nasional untuk hadir di festival musik jaz, Senggigi Sunset Jazz (SSJ), yang akan digelar di kawasan wisata Pantai Kerandangan Senggigi, 20 Agustus 2023.

Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid, di Kabupaten Lombok Barat, Sabtu, mengatakan pihaknya berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, karena menetapkan Senggigi Sunset Jazz sebagai event nusantara bersama dengan Perang Topat Pujawali Lingsar.

"Karena kami mengundang artis nasional, saya memberi masukan terkait jam tampil artis karena itu akan mempengaruhi para penonton untuk hadir menonton," katanya pula.

Adapun artis atau musisi yang diundang untuk meramaikan panggung festival Senggigi Jazz 2023, yakni Kahitna, Melly Goeslaw, Nadin Hamizah, Pradikta Wicaksono, Namone Sarre, Mus Mujiono, Diskoria Selekta, Gita KDI, dan Suradipa Project.

Nety Rusi, selaku Event Organizer (EO) festival musik Senggigi Sunset Jazz menjelaskan konsep penyelenggaraan acara hampir sama dengan tahun sebelumnya, yakni menghadirkan atraksi wisata buatan terbaik di Pulau Lombok.

Festival tersebut, menurut dia, tentu bertujuan untuk mendorong kebangkitan dunia pariwisata dalam tatanan kehidupan baru dan selanjutnya sebagai promosi potensi wisata dan investor datang ke Lombok Barat.

"Festival musik Senggigi Sunset Jazz 2023 merupakan tahun kelima dan dinilai sukses menyedot puluhan ribu pengunjung. Kami masih semangat untuk membangkitkan kembali kejayaan pariwisata Senggigi. Tidak hanya dikenal secara nasional tapi internasional," ujarnya.

Senggigi Sunset Jazz tahun ini, kata Nety, akan digelar dengan konsep panggung Jazz Pantai. Tidak hanya konser musik jaz saja, tapi akan ada bazar dan kuliner dari pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan kegiatan bersih pantai.

Menurutnya, festival yang ditunjukkan pada tahun ini, sama seperti tahun sebelumnya, yakni jaz pantai pertama dan jaz pantai terbesar di Indonesia.

"Kita tahu jaz pertama dan menjadi induk jaz di Indonesia, adalah Java Jazz. Kemudian ada Candi Prambanan Jazz, selanjutnya Jazz Gunung di Bromo dan Jazz Ijen yang diadakan di hotel. Dan jaz pantai ini kita masih komunikasikan menjadi jaz pantai pertama di Indonesia, dan adanya di Lombok Barat," ujar Nety pula.
Baca juga: Dispar Lombok Barat gelar Festival Senggigi Jaz sambut WSBK Mandalika
Baca juga: 2 tahun jeda dampak pandemi, Senggigi Sunset Jazz 2022 kembali digelar

Pewarta: Awaludin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023