Sebagai proyek percontohan, ini akan menjadi referensi bagi kelanjutan beasiswa ASDP berikutnya.
Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) memberikan beasiswa kepada anak berprestasi Indonesia untuk menempuh pendidikan di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Kami berkomitmen untuk terus berkontribusi secara berkelanjutan khususnya melalui program TJSL yang menyasar pada sektor pendidikan, lingkungan, dan UMKM. TJSL ini merupakan bentuk komitmen dari ASDP untuk mendukung keberlanjutan pendidikan di Indonesia," kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Menurutnya, ASDP akan terus berkontribusi dalam mendukung masa depan anak bangsa dan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar melalui program keberlanjutan lainnya.

Beasiswa yang diberikan oleh ASDP berupa dana pendidikan S1 selama 8 semester (4 tahun masa perkuliahan), termasuk biaya buku, skripsi, biaya wisuda, akomodasi/tempat tinggal dan uang saku. ASDP menyalurkan dana beasiswa pendidikan senilai total Rp500 juta.

Adapun penerima beasiswa tersebut diprioritaskan bagi anak-anak dari masyarakat pekerja di lingkungan atau wilayah operasional pelabuhan ASDP, antara lain pedagang asongan, petugas penarik jangkar kapal, dan pemulung yang tinggal di lingkungan pelabuhan.

Perseroan, katanya, ingin memberikan kelayakan pendidikan khususnya bagi anak-anak yang orangtuanya bekerja di lingkungan pelabuhan ASDP ataupun secara mandiri mencari tambahan di sekitar pelabuhan, seperti halnya Muhammad Fajar Shidiq Arrasyid (Jurusan Teknik Mesin), Febrianisa Bajri (Jurusan Informatika), dan Tiara Anastasya Latuo (Jurusan Manajemen).

Shelvy menyatakan bahwa nantinya para lulusan beasiswa UTS dapat bekerja sebagai karyawan ASDP sesuai dengan kompetensinya masing-masing.

“Sebagai proyek percontohan, ini akan menjadi referensi bagi kelanjutan beasiswa ASDP berikutnya. Nantinya mahasiswa/mahasiswi lulusan beasiswa tersebut akan diberikan kesempatan untuk bekerja di ASDP sesuai dengan kemampuan dan bidangnya,” ujar Shelvy.

Kolaborasi ASDP dengan Universitas Teknologi Sumbawa ini disambut dan diapresiasi penuh oleh Chairul Hudaya selaku Rektor dari universitas di NTB tersebut.

“Kami berterima kasih kepada ASDP yang telah bermitra dengan UTS. Kami sangat senang karena kerja sama ini merupakan kategori beasiswa tertinggi di UTS dan semoga dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para mahasiswa yang mendapatkannya," ujar Chairul.

Ia juga berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut di masa mendatang, sehingga dapat mendukung lebih banyak anak-anak bangsa dalam meraih cita-cita.
Baca juga: Karyawan ASDP tumbuhkan budaya baca masyarakat Penajam
Baca juga: ASDP tingkatkan kecakapan kru tangani kapal terbakar lewat simulasi

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023