Solo ini daerah pemilihan (dapil) saya dari dahulu, bahkan sudah mau tiga periode.
Solo (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berjalan santai di Mal Solo Paragon, Jawa Tengah, Sabtu malam, sekaligus mengunjungi stan UMKM.

Puan Maharani selain didampingi Gibran Rakabuming Raka, juga kepala daerah lainnya, antara lain, Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Bupati Klaten Sri Mulyani, dan Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa. Mereka mengunjungi sejumlah stan produk lokal usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di mal tersebut.

Kunjungannya ke Solo itu, kata dia, melihat Mal Solo Paragon. Dia lantas menilai tempat itu bagus dan menjual barang-barang UMKM produksi khas Solo dan bercampur dengan produk yang lainnya.

"Kami menyempatkan jalan-jalan dan ingin mencoba makanan kuliner khas Solo, bistik di kawasan Pasar Kembang. Meski sudah sering datang di kota ini, kangen dengan kuliner Solo," kata Puan.

Puan berencana pada Minggu (28/5) pagi mengunjungi Solo Car Free Day (SCFD) di Jalan Slamet Riyadi dan objek wisata Solo Safari di Jurug.

"Saya belum pernah mengunjungi Solo Safari, mau diajak Mas Gibran. Saya kalau ke Solo sering kegiatan resmi, kali ini ingin santai bersama Mas Wali Kota mengunjungi tempat-tempat wisata dan kuliner dengan santai," kata Puan yang juga sebagai Ketua DPP PDI Perjuangan.

Menyinggung soal agenda politik, Puan mengutarakan bahwa kegiatan bersama Wali Kota Surakarta itu menunjukkan pihaknya tetap bersama Gibran Rakabuming Raka.

Puan juga bertemu dengan Bupati Klaten Sri Mulyani dan Bupati Sukoharjo Etik Suryani.

Ditegaskan pula bahwa kedatangannya ke Solo tidak ada konsolidasi partai. Pasalnya, saat ini partai sedang bergerak sendiri-sendiri sesuai dengan struktural di tingkat DPC kabupaten/kota dan DPD di provinsi. Partainya akan bersama-sama untuk dikonsolidasikan secara internal supaya tetap solid.

"Solo ini daerah pemilihan (dapil) saya dari dahulu, bahkan sudah mau tiga periode. Jadi, memang harus datang ke Solo, Sukoharjo, Boyolali, dan Klaten. Wali Kota Surakarta dari PDI Perjuangan sehingga saya harus sering datang ke Solo," kata Puan.

Menyinggung soal persiapan partainya menghadapi Pemilu 2024, Puan mengatakan bahwa semua kepala daerah dari PDI Perjuangan harus menjadi motor terdepan partai di wilayahnya masing-masing.

Soal pertemuan Gibran dengan Prabowo Subianto, Puan mengemukakan bahwa pertemuan itu tidak memengaruhi partainya, dan PDI Perjuangan tetap solid.

Ia mengatakan bahwa p​​​​​ihaknya secepatnya akan bertemu dengan semua ketua partai politik. PDI Perjuangan dengan PPP sudah bergabung mempunyai kesepakatan bahwa calon presiden yang sama dan siap memenangi pileg dan Pilpres 2024.

Baca juga: Ketua DPR dukung keterwakilan perempuan di lembaga legislatif
Baca juga: DPP Gerindra: Belum ada pembicaraan soal Gibran dampingi Prabowo

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023