Jakarta (ANTARA) - Tim MTB Indonesia menunjukkan konsistensi dengan meraih dua medali emas dalam kejuaraan internasional bertajuk "2023 Thailand MTB Cup 2" di Chantaburi, 24-25 Mei.

Dua pebalap sepeda Indonesia menjadi yang terbaik yakni Zaenal Fanani yang turun di nomor Cross Country Olympic (XCO) Elite Putra dan Dara Latifah pada XCO Elite Putri.

"Setelah SEA Games 2023 Kamboja, anak-anak sebenarnya belum pulih 100 persen. Tetapi mereka menunjukkan semangat luar biasa dan berhasil meraih emas. Selain Fanani dan Dara, ada Ihza Muhammad dan Dela Anjar Wulan," kata Pelatih MTB Indonesia Dwi Edi Kurniawan kepada ANTARA via telepon, Sabtu malam.

Baca juga: Pebalap sepeda Dara Latifah debut manis raih emas kedua SEA Games 2023

Fanani mencatatkan waktu terbaik dalam lomba sebanyak 6 lap dengan 1 jam 29 menit 40 detik. Dia mengalahkan Riyadh Hakim Bin Lukman asal Singapura yang meraih perak dengan 1 jam 30,13 menit dan Dhave Ria dari Filipina di urutan ketiga dengan 1 jam 33,45 menit.

Sementara Ihza menempati posisi ke-12 dengan catatan waktu 1 jam 40,16 detik.

Pada sektor putri, Dara Latifah juga berhasil finis terdepan dalam lomba lima lap dengan membukukan waktu 1 jam 34 menit 20 detik.

Dia mengalahkan Ya Yu Tsai asal Taiwan yang pulang dengan perak usai membukukan 1 jam 35,28 menit. Perunggu menjadi milik Yonthanan Phonkla asal Thailand dengan 1 jam 37,05 menit.

Adapun Dela Anjar Wulan harus puas di posisi keenam setelah finis dengan catatan waktu 1 jam 41,31 menit.

Hasil ini sekaligus menunjukkan konsistensi MTB Indonesia setelah pada SEA Games 2023 yang bergulir pada 6-13 Mei menyumbang empat medali emas, satu perak, dan satu perunggu.

Baca juga: Balap sepeda MTB lampaui target emas pada SEA Games 2023

Dara Latifah meraih dua emas pada nomor Cross Country Eliminator (XCE) dan Mixed Cross Country Relay (XCR) bersama dengan Sayu Bella Sukma Dewi yang juga meraih emas pada nomor XCO putri, Feri Yudoyono juga menyabet emas pada XCO putra, dan Zaenal Fanani yang meraih perak XCO putra.

Sedangkan perunggu di SEA Games 2023 diraih Ihza Muhammad pada nomor XCE.

Lebih dari itu, kemenangan di Thailand juga sekaligus menjaga asa untuk terus mengumpulkan poin demi poin agar lolos kualifikasi Olimpiade XXXIII/2024 di Paris, Prancis.

"Tujuan kami ikut lomba di Thailand memang untuk mengumpulkan poin Olimpiade. Pemenang mendapatkan 60 poin karena ini masuk kategori C1," ujar Dwi.

Tim MTB Indonesia berencana akan melanjutkan perjalanan untuk mengumpulkan poin Olimpiade dengan mengikuti berbagai perlombaan lainnya.

Terdekat, kata Dwi, kejuaraan yang berlangsung di Jepang pada Juli dan juga di Turki pada Agustus 2023. "Kami juga terus mempersiapkan diri untuk menghadapi Asian Games di Hangzhou, China (23 September-8 Oktober 2023)," pungkas Dwi.

Baca juga: KOI apresiasi pembinaan balap sepeda setelah lampaui target medali
Baca juga: Lombok Tengah jadi tuan rumah ajang balap sepeda internasional

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023