Agrowisata Desa Kassi masuk dalam 75 besar pada Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023.....
Jeneponto (ANTARA) - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar membina Desa Kassi, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengembangkan agrowisata.

"Kegiatan pembinaan ini adalah bagian dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang merupakan program tahunan," kata Direktur Poltekpar Makassar Muhammad Arifin, di Jeneponto, Sabtu.

Dia mengatakan, Poltekpar Makassar di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), melalui Program Studi Seni Kuliner (SKU) pada 2023 melaksanakan kegiatan PKM di Desa Kassi, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto selama akhir pekan.

Menurut dia, kegiatan PKM yang diikuti sebanyak 30 peserta perwakilan dari Desa Kassi diberi pelatihan di bidang kuliner dengan memanfaatkan bahan lokal, seperti pisang ambon, tomat, avokad, kopi, dan sebagainya untuk mendukung potensi agrowisata di daerah itu.

“Tahun ini Poltekpar Makassar memilih Desa Kassi di Jeneponto, karena agrowisata Desa Kassi ini masuk dalam 75 besar pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang merupakan program Kemenparekraf," ujar Arifin.

Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Prodi SKU tersebut juga dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jeneponto Elly Isriani Arief.

Elly menyampaikan apresiasinya kepada Poltekpar Makassar yang memberikan perhatian pada desa wisata di Jeneponto untuk memperkuat pengembangan agrowisata.

"Kami sangat senang atas kegiatan PKM ini sebagai wujud hubungan kerja sama antara Dispar Kabupaten Jeneponto dengan Poltekpar Makassar yang telah terjalin sejak 2021 lalu," katanya pula.

Dia mengatakan, untuk mendukung desa wisata Kassi ini, juga sudah tersedia banyak "home stay" atau penginapan bagi para pengujung. Setidaknya sudah ada 53 homestay yang representatif.

Pemanfaatan homestay ini untuk kegiatan berskala besar, sudah dibuktikan pada saat kegiatan Run 2022 lalu yang dihadiri lebih dari 500 peserta. Saat itu semua homestay yang disediakan dipenuhi oleh peserta.
Baca juga: Poltekpar Makassar dan Dispar gencarkan wisata domestik
Baca juga: Potensi wisata Sungai Je'ne Berang jadi kajian Poltekpar Makassar

 
Suasana kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang digelar Poltekpar Makassar di desa binaan Desa Kassi, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulsel. ANTARA/HO-Poltekpar Makassar

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023