Jakarta (ANTARA) - Pebalap Red Bull Max Verstappen meraih posisi terdepan atau posisi pole di Grand Prix Monako di depan pebalap Aston Martin Fernando Alonso pada babak kualifikasi, Sabtu.

Mengutip hasil akhir kualifikasi di laman resmi, Verstappen mencatatkan waktu tercepat pada Q3 dengan waktu 1 menit 11.365 detik. Sementara catatan terbaik Alonso adalah 1 menit 11.449 detik.

"Anda harus kerahkan semua dan mempertaruhkan semuanya. Saya tahu saya tertinggal, saya sangat senang berada di pole untuk pertama kalinya di sini," kata Verstappen.

Lebih lanjut, Charles Leclerc dari Ferrari akan memulai balapan hari Minggu di baris kedua di samping pebalap Alpine Esteban Ocon.

Leclerc yang sebelumnya menargetkan hattrick pole di kampung halamannya tersebut berada di posisi ketiga dengan catatan waktu terbaik 1 menit 11.471 detik. Sementara Ocon terpaut 0,122 detik dari sang pebalap Monaco.

Sesi kualifikasi diwarnai dengan bendera merah ketika rekan satu tim Verstappen, Sergio Perez, mengalami kecelakaan saat menabrak dinding lintasan.

Selanjutnya, rekan satu tim Leclerc yakni Carlos Sainz finis di posisi kelima dan membuatnya menempati baris ketiga bersama pebalap Mercedes Lewis Hamilton untuk balapan utama pada Minggu (28/5).

Lebih lanjut, pebalap Alpine lainnya, Pierre Gasly, lalu George Russell dari Mercedes, Yuki Tsunoda dari Alpha Tauri dan Lando Norris dari McLaren melengkapi daftar 10 besar.

Baca juga: Verstappen bangkit dari tekanan pada sesi latihan GP Monako
Baca juga: Leclerc percaya diri bisa rebut hattrick pole di GP Monako

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023