Keahlian seorang juru las dalam industri perkapalan merupakan salah-satu faktor yang penting
Jakarta (ANTARA) - PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) atau BKI, sebagai Holding Jasa Survei IDSurvey, memberikan pelatihan dan sertifikasi kompetensi juru las (welder) untuk siswa SMK Negeri 10 Semarang, Jawa Tengah, untuk meningkatkan keahliannya.

"Industri perkapalan di negeri ini masih butuh banyak tenaga welder yang berkualitas tinggi. Kami berharap program pelatihan kompetensi welder di SMK Negeri 10 Semarang ini kelak bisa melahirkan orang-orang seperti itu," kata Kepala Unit Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BKI Rudy Sunaryadi dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Rudy mengatakan TJSL merupakan bentuk komitmen BUMN khususnya BKI untuk melaksanakan tujuan pembangunan berkelanjutan dengan memberikan manfaat pada peningkatan ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip terintegrasi, terarah dan terukur dampaknya.

Keahlian seorang juru las dalam industri perkapalan merupakan salah-satu faktor yang penting.

Sementara itu, Kepala Cabang Pratama Klas BKI Semarang Aprianto memberikan apresiasi terhadap kegiatan pertama yang diselenggarakan di sekolah dengan melibatkan mereka dalam dunia industri.

"Sebagai pelaku industri, kolaborasi ini bisa bernilai bagi mereka karena secara langsung dibimbing ahlinya. Sebelumnya, kegiatan pelatihan ini selalu diadakan di lingkungan industri, maka melalui kesempatan ini kami berharap semua adik-adik yang dibekali sertifikat kompetensi nantinya mampu untuk membawa siswa-siswi SMK Negeri 10 sukses di dunia kerja," katanya.

Pelatihan kompetensi welder berlangsung pada 23-26 Mei 2023 dengan memfasilitasi 34 siswa-siswi dengan kompetensi Keahlian Konstruksi Kapal di kelas XII. Kegiatan ini terdiri atas pemaparan materi kepada peserta, praktikum pengelasan material uji, penilaian hasil pengelasan dan pemberian sertifikat.

Tujuan diselenggarakannya sertifikasi ini untuk meningkatkan kompetensi mereka di dunia kerja sekaligus sebagai bukti bahwa hasil pekerjaan siswa-siswi tersebut telah memenuhi standar kualitas dan keamanan yang tinggi.

Kepala Sekolah SMK Negeri 10 Semarang Ardan Sirodjuddin menyampaikan apresiasinya karena telah mendapatkan kepercayaan dari IDSurvey untuk program TJSL ini.

"Bagi kami, kesempatan ini merupakan suatu anugerah untuk anak-anak kami karena mendapatkan materi terkait welder dari dari pelatihan hingga sertifikasi kompetensi. Kami harap, pelatihan ini bisa menjadi link and match sekolah dengan sektor industri sehingga teori yang telah dipelajari sesuai dengan kebutuhan industri," ujarnya.

Baca juga: PT BKI salurkan 1.000 paket sembako murah di Kalimantan Selatan
Baca juga: Dukung mudik bersama BUMN 2023, PT BKI sediakan bus bagi 120 pemudik
Baca juga: Kementerian BUMN tunjuk Arisudono Soerono sebagai Dirut baru PT BKI

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023