Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund gagal menjadi juara Bundesliga 2022/2023 setelah ditahan imbang 2-2 saat menjamu Mainz dalam matchday terakhir di Signal Iduna Park pada Sabtu (27/5) malam WIB.

Mainz sudah unggul dua gol pada babak pertama berkat gol Andreas Hanche-Olsen dan Karim Onisiwo. Tuan rumah sempat mencetak gol balasan melalui Raphael Guerreiro dan Niklas Sule, tetapi mereka gagal mencetak gol kemenangan dalam pertandingan ini.

Hasil imbang ini membuat gelar juara Bundesliga terlepas dari tangan Dortmund di pekan terakhir liga setelah Bayern Muenchen menang tipis 2-1 atas Cologne yang membuat mereka finis posisi teratas.

Dortmund harus puas finis di peringkat kedua dengan torehan 71 poin dari 34 laga. Mereka punya poin yang sama dengan Bayern tetapi kalah selisih gol. Sementara itu Mainz finis posisi sembilan dengan raihan 46 poin dari 34 pertandingan, demikian catatan laman resmi Bundesliga.

Baca juga: Bayern Muenchen juara Bundesliga 2022/23 usai menang 2-1 atas Cologne

Berstatus tuan rumah dan membutuhkan kemenangan untuk mengunci gelar juara, Dortmund justru kebobolan saat pertandingan memasuki menit ke-15.

Umpan silang Edimilson Fernandes disundul Andreas Hanche-Olsen di kotak penalti dan menjebol gawang Gregor Kobel untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Dortmund memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti pada menit ke-19. Namun, tendangan Sebastian Haller bisa terbaca dan ditepis kiper Finn Dahmen.

Gawang Dortmund justru kembali bobol pada menit ke-24. Kali ini Karim Onisiwo yang mencatatkan namanya di papan skor setelah tandukannya gagal dihentikan Kobel. Mainz unggul 2-0.

Dortmund gagal mencetak gol balasan hingga babak pertama berakhir.

Selepas jeda, Dortmund tampil agresif dan banyak menciptakan peluang demi menyeimbangkan kedudukan.

Tim tuan rumah akhirnya mencetak gol pada menit ke-69 berkat Raphael Guerreiro. Sebuah kerja sama diselesaikan dengan tendangan Guerreiro ke sudut kiri gawang yang sempat membentur tiang lebih dulu sebelum bersarang di gawang Mainz. Skor menjadi 1-2.

Setelah itu, Dortmund terus mengancam pertahanan Mainz. Namun, upaya mereka masih belum mampu menjebol gawang tim tamu.

Dortmund akhirnya bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada masa injury time melalui gol Niklas Sule. Namun, Dortmund tidak mampu mencetak gol ketiga mereka dan harus mengakhiri pertandingan dengan hasil imbang 2-2.

Susunan pemain
Borussia Dortmund (4-5-1): Gregor Kobel, Marius Wolf (Youssoufa Moukoko 46'), Niklas Sule, Mats Hummels, Julian Ryerson (Anthony Modeste 80'), Donyell Malen (Giovanni Reyna 63'), Julian Brandt (Julien Duranville 62'), Emre Can, Raphael Guerreiro, Karim Adeyemi (Marco Reus 40'), Sebastien Haller.

Mainz (3-4-2-1): Finn Dahmen, Edimilson Fernandes, Stefan Bell, Andreas Hanche-Olsen, Aaron Martin, Dominik Kohr, Leandro Martins, Anthony Caci, Lee Jae-sung (Marcus Ingvartsen 66'), Anton Stach (Aymen Barkok 80'), Karim Onisiwo (Marlon Mustapha 90+1').

Baca juga: Dortmund kembali puncaki klasemen Bundesliga seusai hajar Augsburg 3-0

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023