Jakarta (ANTARA) - Pebalap Aston Martin Fernando Alonso mengaku semakin percaya diri dan yakin mampu merebut gelar juara usai persaingan ketat dengan pebalap Red Bull Max Verstappen dalam sesi kualifikasi untuk meraih posisi pole di Grand Prix Monako.

Alonso mengatakan posisi kedua yang ia raih di sesi kualifikasi merupakan hasil yang cukup memuaskan, dan ia menargetkan lebih banyak trofi untuk dibawa pulang bersama tim balapnya.

"Saya merasa baik. Jelas pole position sangat berarti di sini di Monako, tapi (saat kualifikasi) Max rasanya sedikit lebih cepat (dari biasanya), yang sangat disayangkan (untuk saya). Tapi saya pikir baris pertama di grid adalah hal yang cukup besar di sini," kata Alonso dikutip dari laman resmi Formula 1, Minggu.

Adapun pebalap Spanyol itu berada di posisi yang menguntungkan untuk melanjutkan start positif bersama Aston Martin musim ini, setelah menempati posisi tiga teratas di empat dari lima balapan yang diadakan sejauh ini pada 2023, dan dia berharap hasilnya bisa lebih baik di Monte Carlo.

Baca juga: Alonso makin percaya diri untuk raih gelar juara di GP Monako

"Sektor terakhir tampaknya menjadi titik kelemahan kami di sirkuit, tapi mari kita lihat nanti apa yang bisa kami lakukan dalam hal strategi, kami akan mencoba untuk menang," ujar dia.

Salah satu peluang utama bagi Alonso untuk menghadang Verstappen adalah saat awal balapan dan pebalap berusia 41 tahun itu memberikan jawaban yang menarik ketika ditanya tentang peluangnya menuju posisi terdepan terlebih dahulu.

"Maksud saya, Tikungan 1 sangat singkat, tapi biasanya kami memiliki awal yang baik tahun ini. Max sedikit tidak konsisten, jadi mungkin besok salah satu (peluang untuk tampil) buruk," kata dia.

Sementara itu, pada hasil kualifikasi Sabtu (27/5), Verstappen mencatatkan waktu tercepat pada Q3 dengan waktu 1 menit 11.365 detik. Sementara catatan terbaik Alonso adalah 1 menit 11.449 detik.

Baca juga: Leclerc kena "kutukan" lagi di Monako, mundur tiga posisi start
Baca juga: Verstappen raih pole perdana di GP Monako

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023