Beijing (ANTARA) - Rekor pohon tertinggi di Asia diperbarui pekan ini ketika sebuah tim peneliti China mengumumkan bahwa mereka menemukan sebatang pohon cypress raksasa setinggi 102,3 meter di Daerah Otonom Tibet.

Pohon Cupressus torulosa yang memecahkan rekor itu ditemukan di cagar alam nasional Ngarai Besar Yarlung Zangbo di wilayah Bome, Kota Nyingchi, dalam sebuah investigasi ilmiah yang dipimpin oleh Universitas Peking pada Mei.

Para anggota tim tersebut menggunakan drone dan radar laser untuk memetakan area agregasi cypress setempat dan mengonfirmasi keberadaan pohon setinggi 102,3 meter itu.

Selain itu, mereka juga mendeteksi sejumlah besar pohon dengan tinggi lebih dari 85 meter, termasuk 25 pohon yang tingginya melebihi 90 meter. Temuan ini juga berkontribusi terhadap fakta bahwa daerah itu memiliki tingkat kepadatan pohon raksasa tertinggi di China dan Asia setelah pengukuran presisi, kata Ren Yu, anggota tim dari Universitas Peking.

Sebagian besar tersebar di area tenggara Tibet, Cupressus torulosa memiliki area distribusi yang sempit dan populasi yang kecil. Pohon itu tercatat sebagai tanaman dengan perlindungan kelas satu tingkat nasional.

Pemegang rekor pohon tertinggi di China sebelumnya adalah sebatang pohon fir yang menurut pengukuran para ilmuwan di Tibet tahun lalu memiliki tinggi 83,4 meter.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023