Dharmasraya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan sekitar 575 kilogram rendang untuk buah tangan para tamu dan anggota Tagana yang menghadiri peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) pada 29 Mei 2023.

"Sebagai tuan rumah kita ingin memberikan yang terbaik untuk seluruh tamu yang datang, selain mempersiapkan acara dengan baik kita juga berikan suatu hal yang berkesan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Dharmasraya, Adlisman, di Pulau Punjung, Minggu.

Ia mengatakan setengah ton rendang tersebut dimasak secara bersama oleh Bundo Kanduang organisasi perangkat daerah (OPD) di lokasi utama peringatan HLUN ke-27, proses memasak disaksikan langsung Tagana seluruh Indonesia.

"Sengaja kami memasak makanan khas Minangkabau ini di lokasi utama. Sehingga utusan Tagana seluruh Indonesia dapat melihat proses pembuatannya, momen ini sekaligus juga untuk mengenalkan kuliner khas ranah Minang ke seluruh Indonesia," katanya.

Selain rendang, sambung dia Pemkab Dharmasraya juga menyiapkan kudapan khas Dharmasraya untuk tamu HLUN seperti Randang Paku dan Keripik Tempe dari pelaku UMKM binaan Pemkab Dharmasraya.

Ia mengatakan peringatan HLUN dan Tagana Nasional 2023 digelar di Kabupaten Dharmasraya, seluruh persiapan terus dimatangkan dan saat ini persiapan acara dilokasi puncak maupun di setiap kecamatan sudah mencapai 90 persen.

Ia menyebutkan Menteri Sosial Tri Risma Maharani dijadwalkan akan hadir saat puncak HLUN yang jatuh pada Senin (29/5/). Menteri Risma akan membuka acara secara resmi dan berdialog dengan ribuan lansia di 11 kecamatan secara daring, serta mengunjungi beberapa titik lansia.

"Jadi lokasi puncak acara akan ada di halaman kantor bupati Dharmasraya, sementara di 11 kecamatan lainnya akan bergabung secara daring," katanya.

Ia menambahkan peringatan HLUN dengan tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat” di gelar berbagai kegiatan sosial, diantaranya pelaksanaan operasi katarak, nikah isbat masal bagi lansia, dan penyerahan bantuan sosial

Sementara itu, Salah seorang Tagana Kementerian Sosial, Agung menyampaikan terima kasih atas sambutan dan pelayanan yang diberikan pemerintah Kabupaten Dharmasraya, termasuk sudah dilibatkan dalam proses memasak rendang. *

Baca juga: Wako Padang ajak generasi muda warisi budaya Marandang
Baca juga: LKAAM Sumbar masak rendang untuk korban gempa Cianjur

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023