kami memiliki peran dalam masyarakat dengan cara uniknya
Depok (ANTARA) - Para pecinta Star Wars yang tergabung dalam Komunitas Star Wars 501st Legion Garuda Garrison Indonesia mendatangi Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), Kampus UI, Kota Depok, Jawa Barat untuk menghibur para pasien khususnya pasien anak-anak.

"Kami sangat berterima kasih kepada 501st Legion Garuda Garrison Indonesia dan ILUNI UI yang telah bekerja sama menyelenggarakan kegiatan ini," kata Manajer Pengembangan Bisnis RSUI dr. Astrid Saraswaty Dewi, M.A.R S., di Depok, Minggu.

Ia berharap semoga kerja sama terus terjalin untuk kegiatan positif lainnya terutama dalam menyebarkan semangat dan pesan sehat kepada masyarakat khususnya anak-anak.

Para tokoh antariksa seperti Imperial Gunner, Jedi, Ordo, Tie Fighter Pilot, rebel Pilot dan karakter Star Wars lainnya menghampiri dan menghibur anak-anak di Klinik Talasemia yang sedang melakukan transfusi.

Momen ini sekaligus sebagai wujud peringatan Hari Talasemia Sedunia yang jatuh di tanggal 8 Mei. Pasien pun tampak senang dan bersemangat dengan kedatangan para tokoh antariksa tersebut.

Baca juga: Rumah sakit di Kabupaten Bandung hadirkan barongsai hibur pasien
Baca juga: Penari Indonesia hibur pasien "rare diseases" di Sofia


Tak hanya menghibur pasien talasemi, para tokoh antariksa juga berjalan menelusuri poli anak, dan area pengunjung yang ada di sekitar gedung rumah sakit. Kegiatan ini tak jarang membuat kaget para pengunjung dan penasaran ingin berfoto bersama para karakter Star Wars tersebut.

RSUI menyambut baik kedatangan dan mengapresiasi aksi komunitas pecinta Star Wars ini sebagai salah satu bentuk edukasi.

Tak hanya berkeliling menyapa pasien dan pengunjung, keseruan juga terlihat dengan adanya kegiatan storytelling yang dibawakan oleh salah seorang komunitas pecinta Star Wars.

Dengan hiburan seperti ini, diyakini selain memberikan semangat kepada pasien juga dapat membantu memulihkan kondisi tubuh pasien yang kurang sehat, dan bisa mempercepat kesembuhan bagi anak yang sedang sakit.

Sementara itu, Komunitas Star Wars 501st Legion menyatakan, aktivitas mereka tidak hanya menghibur, namun juga sering menggalang dana kemanusiaan bersama kelompok lainnya, sebagai kontribusi nyata kepada masyarakat.

"Kami berterima kasih kepada RSUI dan ILUNI UI yang sudah bekerja sama mensukseskan kegiatan kunjungan 501st Legion Garuda Garrison Indonesia," kata Mohammad Safhire Commanding Officer 501st Legion Garuda Garrison Indonesia.

Baca juga: Film "Star Wars" terbaru masuk proses penggarapan
Baca juga: Serba-serbi menarik dari serial "Star Wars: Obi-Wan Kenobi"


Menurut dia 501st legion bertujuan untuk mempromosikan minat pada Star Wars dan berkontribusi kepada masyarakat melalui kegiatan amal berkostum dan kerja sukarela.

"Kami percaya bahwa komunitas fandom seperti kami memiliki peran dalam masyarakat dengan cara uniknya masing-masing," katanya.

Dengan adanya kunjungan kami, harapannya pasien-pasien dapat sejenak melupakan sakit mereka dan bisa menambah kebahagiaan di hari mereka," katanya.

Baca juga: Dokter sebut Indonesia miliki banyak penderita talasemia
Baca juga: IDAI: Kurangnya nakes kendala tangani talasemia di Indonesia Timur


 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023