Jakarta (ANTARA) - Boston Celtics mencuri kemenangan dari Miami Heat dengan skor tipis 104-103 di FTX Arena Miami, Minggu WIB, dan memaksa gim ketujuh Final NBA Wilayah Timur dimainkan untuk menentukan tim yang berhak lolos babak Final NBA.

Celtics benar-benar bangkit sejak di ambang kegagalan usai kalah 0-3 dalam rangkaian laga babak Final NBA Wilayah Timur. Boston mampu meraih tiga kemenangan beruntun sehingga menyamakan kedudukan 3-3 dan memaksa pertandingan penentuan.

Miami Heat hampir saja memenangkan laga dan melaju ke babak Final NBA usai Jimmy Butler berhasil mengeksekusi tiga lemparan bebas yang membuat Heat unggul 103-102 saat sisa waktu pertandingan hanya tiga detik dan Final NBA sudah di depan mata.

Namun pelatih Celtics Joe Mazzulla meminta time out yang berhasil membuahkan dua poin sehingga skor berbalik menjadi 104-103 untuk kemenangan Boston Celtics.

Derrick White adalah pencetak poin krusial di waktu yang sangat krusial. White melakukan rebound di sisa 0,2 detik usai lemparan tiga angka dari Marcus Smart meleset. Saat masih di udara, White melepaskan tip lay up pada sisa 0,1 detik dan bola itu masuk setelah buzzer berbunyi.

Baca juga: Celtics kalahkan Heat 110-97 jaga asa ke Final NBA

"Derrick White seperti kilat, tiba-tiba datang dan menyelamatkan kami. Permainan yang luar biasa," kata Jaylen Brown mengutip laman resmi NBA.

"Bola datang kepada saya, dan saya melakukannya," kata Derrick White.

Berdasarkan data statistik, Celtics lebih banyak memimpin hampir di sepanjang laga, meski selisih paling tinggi hanya 13 poin. Namun laga berlangsung ketat dengan enam kali skor berimbang dan enam kali terjadi pergantian keunggulan.

Jayson Tatum mencetak skor tertinggi untuk Celtics dengan 31 poin dan 12 rebound, Jaylen Brown menyusul 26 poin dan 10 rebound, Marcus Smart 21 poin, dan Derrick White 11 poin.

Sementara di kubu Heat, Jimmy Butler 24 poin dan 11 rebound, Caleb Martin 21 poin dan 15 rebound, Bam Adebayo 11 poin dan 13 rebound.

Gim ketujuh berpihak pada Celtics karena laga akan dilangsungkan di Boston dengan dukungan para penggemar pada Selasa (30/5).

Baca juga: Veteran NBA sebut Nikola Jokic bermain dengan mode "slow motion"
Baca juga: Jr. NBA gelar Turnamen 3v3 untuk pemain muda Indonesia

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023