Jakarta (ANTARA) - Pebalap Mercedes George Russell mengaku menyesalkan kesalahan yang membuatnya gagal meraih podium pada Grand Prix Monako.

Dikutip dari laman resmi Formula 1, Senin, Russell memulai balapan di urutan kedelapan dan berhasil naik ke posisi ketiga. Ia dapat melaju karena tidak mengganti ban seperti para rivalnya menyusul langit Monako yang mulai berubah menjadi gelap.

Keputusan itu membuatnya mendapatkan posisi di saat hujan mulai turun. Ia lalu kehilangan posisinya karena disalip oleh rekan satu timnya, Lewis Hamilton, dan pebalap Alpine, Esteban Ocon. Tak hanya itu, Russell juga bertabrakan dengan Sergio Perez (Red Bull) dari belakang, yang membuatnya frustrasi.

"Sejujurnya, saya menyalahkan diri sendiri, satu kesalahan kecil membuat kami kehilangan podium. Saya keluar dari pit dengan nyaman di depan Esteban dan Lewis, ada bendera kuning di Tikungan 5, saya mundur dan saat segera setelah saya menginjak rem saya mengunci dan mengikuti bendera kuning," ungkap Russell.

Baca juga: Russell sebut Mercedes telah beri peningkatan pada W14

"Saya pikir itu hampir menjadi pelajaran bahwa ketika Anda kadang-kadang tidak fokus – saat itulah kesalahan terjadi. Saya mungkin tidak akan melakukan kesalahan itu jika tidak ada bendera kuning di sana," imbuhnya.

Ia mengaku sangat kecewa dengan penampilannya di Monte Carlo. "Ya, sangat kecewa karena setelah pit stop itu pada dasarnya akan menjamin podium," katanya.

Ketika diingatkan bahwa itu adalah kondisi yang sulit untuk semua pebalap, Russell mengakui bahwa itu memang hal yang tidak mudah.

"Ya, memang begitu, itu bukan kondisi yang paling mudah. Tapi itu adalah kondisi di mana saya merasa kami dapat memaksimalkan peluang," ujarnya.

Di sisi lain, Hamilton memulai balapan di urutan kelima. Setelah memanfaatkan kesalahan Russell, ia berusaha menekan Ocon, namun masih belum berhasil. Meski demikian, Hamilton merasa senang membawa pulang performa positif dari mobil W14 yang ia kendarai.

"Saya cukup senang, kami telah bergerak maju. Jadi, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua orang di pabrik yang membawa peningkatan itu. Sangat sulit untuk membawanya ke sini dan kami mempertahankannya dalam keadaan utuh dan membawanya pulang. Anda tahu kami mengalahkan Ferrari dan mendapat beberapa poin signifikan sebagai sebuah tim," ujar Hamilton.

Baca juga: Hamilton optimistis dengan pengembangan Mercedes W14

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023