Jakarta (ANTARA/JACX) - Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Timnas Argentina dalam laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada 19 Juni 2023.

Duel antara skuad Garuda dengan Tim Tango itu resmi diumumkan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) Erick Thohir pada 24 Mei 2023. 

Pemberitahuan serupa juga sebelumnya telah dikeluarkan federasi sepak bola Argentina melalui akun Twitter resminya.

Menjelang pertandingan kedua negara, muncul narasi soal pernyataan "pedas" yang dilayangkan kapten tim nasional Argentina Lionel Messi kepada Indonesia.

Adanya komentar pedas dari La Pulga itu dimuat sebuah kanal YouTube dengan sekira 155.000 pengikut, serta dikemas dalam sebuah video sepanjang delapan menit yang diberi judul "JELANG LAGA INDONESIA VS ARGENTINA, LIONEL MESSI BERI KOMENTAR PEDAS || FIFA MATCH DAY".

Dalam konten tersebut, pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu ditampilkan memakai jaket putih, dan sedang menjawab pertanyaan dalam sesi wawancara. 

Cuplikan yang dilengkapi dengan teks Bahasa Indonesia itu memperlihatkan bahwa Messi mengeluarkan pernyataan sebagai berikut:
"Saya tahu konflik FIFA dan Indonesia namun saya tidak menghiraukan itu, saya fokus bertanding,".

Namun, benarkah Messi beri komentar pedas jelang laga Indonesia vs Argentina?
Tangkapan layar narasi hoaks yang menyebutkan Messi beri komentar pedas jelang laga Indonesia vs Argentina (YouTube)


Penjelasan:
Konten dengan klaim pernyataan pedas Messi terhadap Indonesia itu merupakan hasil rekayasa (hoaks).

ANTARA menemukan video serupa di kanal YouTube BeanymanSports

Akun YouTube terverifikasi ini sudah membagikan video Messi tersebut sejak 22 November 2022. Saat itu, jadwal laga Indonesia vs Argentina bahkan belum diumumkan.

Saluran video dengan 849 ribu pengikut ini menerangkan sesi wawancara yang dihadiri pemain bola 35 tahun itu berlangsung di Stadion Lusail, Qatar, saat Argentina bersiap debut Piala Dunia melawan Arab Saudi pada 22 November lalu.   

"Playmaker Paris Saint-Germain itu mengakui bahwa ini adalah "kesempatan terakhirnya untuk memenangkan mimpi ini" yang dia miliki dan menepis rumor tentang kondisi kesehatannya, karena dia tidak berlatih pada dua hari pertama Argentina di Qatar," demikian isi keterangan di YouTube BeanymanSports, yang diubah dalam Bahasa Indonesia.

Selain itu, tidak ada pula pernyataan soal Indonesia yang terpaut dalam konten asli tersebut.

Klaim: Messi beri komentar pedas jelang laga Indonesia vs Argentina
Rating: Disinformasi

Baca juga: Messi masuk skuad pemain Argentina yang bakal ke Jakarta

Baca juga: Exco PSSI belum bisa beri jaminan Messi datang ke Jakarta

Cek fakta: Hoaks! Messi gabung Persib

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023