"Kami merangkul generasi milenial seperti Forum Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan mengadakan sosialisasi dan berharap pengurus mensosialisasikan kepada teman sebayanya tentang Pemilu,"
Simpang Empat,- (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat merangkul organisasi dari kalangan generasi milenial atau gen Z sebagai upaya jemput bola untuk meningkatkan keikutsertaan pemilih muda pada Pemilu tahun 2024.
 
"Kami merangkul generasi milenial seperti Forum Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan mengadakan sosialisasi dan berharap pengurus mensosialisasikan kepada teman sebayanya tentang Pemilu," kata Ketua KPU Pasaman Barat Alharis di Simpang Empat, Senin.
 
Ia mengatakan pihaknya langsung melakukan sosialisasi ke sekolah mengenai partisipasi Pemilu.
 
Kedepannya akan membawa langsung organisasi itu untuk melakukan sosialisasi ke generasi muda milenial atau Gen Z.
 
"Di Pasaman Barat ada sekitar 30-40 persen dari pemilih merupakan pemilih pemula atau Gen Z. Sosialisasi terhadap mereka akan terus digencarkan," katanya.
 
Selain kepada organisasi pelajar, KPU Pasaman Barat juga meningkatkan sosialisasi kepada mahasiswa di perguruan tinggi yang ada di daerah itu.
 
"Ada sejumlah perguruan tinggi yang ada seperti Yappas, Yaptip dan UBK. Sosialisasi terus kita lakukan," katanya.
 
Menurutnya pada prinsipnya KPU Pasaman Barat menjalankan arahan dari KPU RI terkait sosialisasi bagi pemilih pemula Pemilu Tahun 2024, yakni generasi muda menjadi komponen prioritas untuk yang disasar oleh KPU.
 
"Seperti kami datang ke sekolah atau kami hadir menjadi narsum di sekolah atau kampus," ujarnya.
 
Kemudian di daerah pelosok sosialisasi terus dilakukan bagi pemilih pemula yang memang tidak bersekolah melalui jajaran KPU yang ada di kecamatan dan nagari atau desa.
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023