Jakarta (ANTARA) -
Bank Mandiri dan Ciputra bekerja sama untuk menggelar kompetisi golf junior bertajuk Junior World Championship 2023, yang akan diselenggarakan di Damai Indah Golf PIK Course mulai 30 Mei sampai 1 Juni mendatang.

Kejuaraan tersebut sejatinya sudah berlangsung sejak lama. Kompetisi yang awalnya diprakarsai oleh Ir. Ciputra pada 31 tahun itu telah bertransformasi dari kejuaraan level nasional sampai 2003, kemudian menjadi kejuaraan level Asia Tenggara pada 2004, meningkat lagi menjadi kejuaraan level Asia pada 2006, sampai menjadi kejuaraan level dunia pada 2007.

Kompetisi itu kemudian harus terhenti sejak 2020 akibat pandemi COVID-19. Sehingga penyelenggaraan pada tahun ini menjadi pertama kalinya setelah ditiadakan selama tiga tahun berturut-turut.

Pada kompetisi kali ini, terdapat 104 peserta dari 12 negara yakni dari Indonesia, Amerika Serikat, Thailand, Singapura, Filipina, China, Malaysia, Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Australia, dan Afrika Selatan. Para peserta kemudian dibagi dalam enam kategori yakni Boys A (usia 15 sampai 18 tahun), Boys B (usia 12 sampai 14 tahun), Boys C (usia 11 tahun ke bawah), Girls A (usia 15 sampai 18 tahun, Girls B (usia 12 sampai 14 tahun), dan Girls C (usia 11 tahun ke bawah).

Baca juga: PGI syukuri keberhasilan tim golf bawa pulang dua medali

Kembali berlangsungnya turnamen legendaris ini disambut hangat oleh Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia Japto Soelistyo Soerjosoemarno, yang turut hadir dalam acara pembukaan turnamen.

"Di mana dari PGI, ini adalah satu support untuk meringankan tugas PB PGI. Karena tugas kami adalah pembinaan junior, membentuk pemain-pemain amatir, supaya mereka nanti bisa jadi profesional. Tapi proses ini harus berjalan dalam satu rutinitas," kata Japto dalam konferensi pers yang digelar Senin sore.

"Kami merasa sangat antusias bisa kembali menyambut para pegolf junior Tanah Air dan mancanegara untuk berkompetisi pada Mandiri Ciputra Golfpreneur Junior World Championship tahun ini. Penyelenggaraan kali ini sekaligus menjadi yang pertama kali sejak pandemi," kata Founder Ciputra Golfpreneur Foundation, Budiarsa Sastrawinata.

Pada penyelenggaraan tahun ini, terdapat nilai tambah lain bagi para peserta kejuaraan, yakni para pegolf terbaik putra dan putri kelas A, B, dan C akan mendapatkan spot untuk bertanding pada FCG Callaway World Championship ke-15. Kejuaraan itu merupakan salah satu kejuaraan dunia junior yang sangat bergengsi di Amerika Serikat.

Selain itu, pemilik gelar Boys Overall Champion juga akan mendapatkan spot untuk bertanding bersama para pegolf profesional di ajang Ciputra Golfpreneur Tournament. Ajang itu rencananya akan diselenggarakan pada 23 sampai 26 Agustus tahun ini, dan merupakan bagian dari jadwal Asian Development Tour.

Baca juga: Randy ceritakan perjuangan tim golf putra raih medali perunggu
Baca juga: Elaine akui kelemahannya ada pada distance dan ingin memperbaikinya

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023