Akhirnya, terdapat tiga kandidat kelurahan terbaik
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur (Pemkot Jaktim)  hingga saat ini memiliki tiga nominator Kelurahan Terbaik 2023 di daerah itu yakni Kelurahan Susukan, Lubang Buaya dan Balimester.
 
Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur Eka Darmawan dalam siaran persnya di Jakarta, Senin, mengatakan, saat ini tersisa mereka sebagai peserta dengan kandidat sebagai kelurahan terbaik tahun ini.

"Akhirnya, terdapat tiga kandidat kelurahan terbaik. Penilaian dilakukan mulai dari pemeriksaan administrasi, klarifikasi lapangan dan paparan para lurah," ujarnya.

Sebelumnya, terdapat 10 kelurahan yang mewakili masing-masing kecamatan sebagai peserta lomba yakni Kelurahan Pulogebang, Utan Kayu Utara, Jatinegara Kaum, Bali Mester, Pondok Kopi, Lubang Buaya, Makasar, Kramat Jati, Susukan dan Kelurahan Baru.

Eka menjelaskan, para lurah terpilih tersebut memaparkan masing-masing program, inovasi dan juga kreativitas serta andalan mereka dalam pemberdayaan masyarakat dan hal-hal lain yang bisa mengakomodir aspirasi masyarakat.

Baca juga: Wali Kota Jakbar apresiasi tiga kelurahan raih terbaik tata kawasan

Para juri, kata dia, akan mengadakan rapat pada Selasa (30/5) untuk menentukan kelurahan mana yang layak untuk mewakili Kota Administrasi Jakarta Timur dalam Lomba Kelurahan 2023 tingkat Provinsi DKI Jakarta pada Juli 2023.

"Hasil penilaian hari ini dari paparan lurah akan kita bawa ke (sidang) pleno," kata Eka.

Sebelumnya, Kelurahan Balimester masuk dalam tiga besar sebagai kelurahan terbaik Jakarta Timur karena mampu menekan angka tengkes (stunting) pada 2023.

"Poin yang baik dari Balimester adanya upaya menurunkan 'stunting'. Dari semula tujuh anak mengalami kurang gizi dan stunting pada 2021, menjadi tidak ada pada saat ini. Itu menjadi upaya yang 'clear and clean', bahwa ada semangat dari Kelurahan Balimester," kata Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Iin Mutmainah di Jakarta, Rabu (24/5).

Kelurahan Susukan masuk tiga besar karena memiliki program yang baik, di antaranya Program Lumbung Sedekah Pangan di RW 01, Posyandu Mawar di RW 04 dan Taman Hati PKK di RW 06.

Baca juga: Kelurahan Munjul diwacanakan jadi destinasi agrowisata

Tak hanya itu, kata Iin yang juga sebagai Pembina Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Kota Jaktim, Kelurahan Susukan juga melakukan administrasi secara baik.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023