serentak pada Senin, 5 Juni 2023
Jakarta (ANTARA) - Pemprov DKI Jakarta gelar uji emisi akbar di wilayah DKI Jakarta dan daerah penyangga ibu kota pada 5 Juni guna menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-496 Jakarta dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

"Uji Emisi Akbar 2023 yang akan digelar di Taman Margasatwa Ragunan, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi secara serentak pada Senin, 5 Juni 2023," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Antara, Senin.

Asep mengatakan, kegiatan itu dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah dalam menekan polusi udara. Selain itu, pihaknya juga mengampayekan pentingnya melakukan uji emisi kepada pemilik kendaraan secara berkala.

Nantinya, warga yang ingin mengikuti uji emisi gratis tersebut bisa mendaftarkan kendaraannya melalui tautan https://ujiemisi.jakarta.go.id/.

Tidak hanya itu, Asep juga mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik guna menekan polusi udara di DKI Jakarta.

Kampanye itu digelar dengan tajuk “Untuk Udara Jakarta, Yuk Naik Transportasi Publik”.

"Dalam kampanye itu akan digelar kegiatan pada Minggu, 4 Juni 2023 di Terowongan Kendal sebagai simpul pengguna angkutan umum beralih moda," jelas Asep.

Baca juga: DKI gelar uji emisi gratis di Ragunan untuk perbaiki kualitas udara

Baca juga: Pemprov DKI gandeng Polda Metro Jaya cek kepatuhan uji emisi

Baca juga: Jaktim integrasi data kendaraan lulus uji emisi ke Dinas LH DKI

Pewarta: Walda Marison
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023