Jakarta (ANTARA) - Indonesia Patriots harus siap bersaing di IBL 2023 tanpa Anthony Beane Jr karena pemain naturalisasi berdarah Amerika Serikat itu harus kembali ke negaranya untuk pemulihan cedera.

Beane kembali ke Amerika setelah memperkuat Timnas bola basket Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Saat di SEA Games itulah pemain kelahiran 6 Mei 1994 tersebut merasakan cedera minor di kaki yang pernah dialaminya di kompetisi IBL menjadi kambuh.

“Beane sementara kembali ke Amerika. Dia revovery cedera minor yang dialami selama berkompetisi di IBL dan SEA Games kemarin,” kata Kepala Pelatih Indonesia Patriots Milos Pejic dalam siaran pers di Jakarta, Senin.

Milos mengatakan Beane akan lama di Amerika adan akan kembali ke Indonesia pada Juli mendatang. “Kemungkinan dia baru bisa kembali Juli. Kami harap sudah fit karena tenaganya dibutuhkan di Asian Games,” ujar pelatih asal Serbia itu.

Baca juga: Perbasi datangkan Anthony Beane perkuat Indonesia Patriots di IBL 2023

Asian Games ke-19 Hangzhou 2022 dilaksanakan 23 September hingga 8 Oktober 2023. Perbasi berencana untuk menurunkan seluruh kekuatan penuh untuk berkompetisi di empat nomor cabang olahraga bola basket, yaitu 5 on 5 dan 3x3 putra dan putri.

Pada tahun ini, Perbasi juga menghadapi pertandingan Pra-Kualifikasi Olimpiade 2024. Indonesia akan bersaing dengan tujuh negara Asia lainnya untuk memperebutkan satu tiket menuju turnamen kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Dalam pra-kualifikasi tersebut, pesaing Indonesia adalah Bahrain, Taiwan, India, Kazakhstan, Korea Selatan, Arab Saudi, dan Syria.

“Tidak adanya Beane pasti berpengaruh pada permainan tim. Beane dengan kelebihannya mampu menstabilkan permainan. Bahkan pada saat dalam tekanan pun, dia bisa memberikan ketenangan untuk pemain lainnya agar lebih percaya diri menghadapi lawan,” kata Asisten Pelatih Indonesia Patriots Johannis Winar.

Menurut asisten pelatih yang akrab disapa Coach Ahang ini, absennya pemain andalan dari naturalisasi menjadi peluang bagi pemain lokal untuk bersinar.

Baca juga: Hajar Pacific 97-64, Satria Muda kembali puncaki klasemen
Baca juga: Pelita Jaya amankan kemenangan 11 kali beruntun usai tekuk Patriots


 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023