Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic memulai upayanya untuk memecahkan rekor gelar tunggal putra Grand Slam ke-23 dengan kemenangan atas Aleksandar Kovacevic pada babak pertama French Open di Paris, Senin.

Juara Roland Garros dua kali Djokovic menahan reli akhir dari lawannya yang asal Amerika di Court Philippe Chatrier, Paris, untuk meraih kemenangan 6-3, 6-2, 7-6 (7/1).

Dia masih belum kalah dalam pertandingan pembukanya sejak Australian Open 2006.

"Saya sangat termotivasi untuk bertahan di turnamen ini untuk waktu yang lama, ini baru permulaan sekarang," kata Djokovic setelah memulai turnamen French Open ke-19 berturut-turut, seperti disiarkan dari AFP.

"Saya senang. Saya memulai dengan baik dan berharap bisa lebih baik lagi untuk pertandingan berikutnya."

Petenis berusia 36 tahun itu akan menghadapi petenis Hungaria Marton Fucsovics, yang telah empat kali dia kalahkan dalam seluruh pertemuan tersebut, pada babak kedua.

Baca juga: Djokovic dan Alcaraz berbagi babak yang sama dalam undian French Open

Djokovic hanya menjadi unggulan ketiga di Roland Garros tahun ini meskipun tidak ada saingan beratnya pemenang 14 kali Rafael Nadal karena cedera. Dia berada di belakang petenis nomor satu dunia Alcaraz dan Daniil Medvedev.

Djokovic memegang rekor yang sama dengan Nadal untuk gelar turnamen major, hanya selisih satu di belakang Serena Williams dengan 23 gelar, dan rekor sepanjang masa 24 gelar yang dipegang Margaret Court.

Petenis nomor 114 dunia Kovacevic, yang bermain dalam pertandingan Grand Slam pertamanya, berjuang keras tetapi tidak dapat membuat Djokovic terus berada di bawah tekanan.

Satu break pada gim keenam sudah cukup bagi bintang Serbia itu untuk merebut set pembuka, sebelum ia melaju ke set kedua.

Djokovic melakukan break untuk memulai set ketiga sebelum menyelamatkan tiga break point pada gim kedua.

Kovacevic melakukan break untuk pertama kalinya dalam pertandingan tersebut untuk menyamakan kedudukan menjadi 3-3, namun segera kehilangan servis lagi.

Djokovic secara tidak biasa tersandung saat servis ketika Kovacevic memaksakan tie-break.

Namun petenis nomor tiga dunia itu dengan cepat bangkit kembali, mendominasi break point sebelum mengakhiri perlawanan Kovacevic pada match point pertamanya untuk memenangi pertandingan.

Baca juga: Djokovic sebut "sebagian dirinya pergi" ketika Nadal pensiun
Baca juga: Medvedev takut terlalu percaya diri di French Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023