Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan nasional, Senin (29/5) kemarin mulai dari isu kebocoran putusan Mahkamah Konstitusi tentang sistem pemilu hingga Jokowi bertemu pemimpin redaksi media massa.

Berikut lima peristiwa politik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Mahfud klarifikasi ke MK soal putusan gugatan sistem pemilu

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD telah mengklarifikasi langsung ke jajaran Mahkamah Konstitusi terkait isu dugaan kebocoran informasi putusan perkara gugatan sistem pemilihan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Sudah beredar isu di luar bahwa sudah ada putusan dan sebagainya. Saya tadi memastikan ke MK, apa betul itu sudah diputuskan? Belum," kata Mahfud saat memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Nasional Pemilu 2024 bersama Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

 

2. KSP sebut pemerintah tak akan campuri putusan MK soal pemilu

Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP) Juri Ardiantoro mengatakan pemerintah tidak akan mencampuri proses pembuatan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan uji materi sistem pemilu legislatif.

"Terkait dengan beredarnya banyak berita mengenai putusan MK, dari sisi pemerintah sudah jelas ya itu domain Mahkamah Konstitusi. Jadi sepanjang belum ada putusan yang dikeluarkan oleh MK, semuanya harus berpegang pada apa yang sekarang berlaku bahwa Undang-Undang No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu masih belum ada perubahan apa-apa. Jadi kita tunggu saja MK seperti apa," kata Juri di Kantor KSP Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

 

3. Mahfud: MK akan cari pelaku pembocor putusan sistem pemilu

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut Mahkamah Konstitusi (MK) akan mencari orang yang diduga membocorkan informasi soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan uji materi sistem pemilu legislatif.

"MK sendiri sudah mengambil tindakan ke dalam. Tadi diberitahukan ke saya 'Pak kita akan cari siapa orang dalam yang berbicara seperti itu ke Pak Denny (Indrayana)'," kata Mahfud MD di lingkungan istana kepresidenan Jakarta pada Senin.

Selengkapnya di sini

 

4. Mahfud: Internasional tak boleh campur tangan bebaskan pilot Susi Air

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menegaskan bahwa dunia internasional tidak boleh campur tangan dalam upaya membebaskan Pilot Susi Air asal Selandia Baru Philip Mark Mehrtens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Menurut Mahfud, hal itu sudah menjadi kebijakan Pemerintah Indonesia yang tidak akan melibatkan negara lain atas permasalahan internal yang diyakini bisa diselesaikan sendiri.

Selengkapnya di sini


5. Presiden Jokowi bertemu dengan para pemimpin redaksi media

Presiden Joko Widodo bertemu dengan para pemimpin redaksi (pemred) media massa dan juga pegiat media di Istana Merdeka Jakarta.

"Ya ngobrol saja, ngobrol tentang 'cawe-cawe' pokoknya," kata Helmy Yahya, pemilik kanal Youtube "Helmy Yahya Bicara" di lingkungan istana kepresidenan Jakarta pada Senin.

Selengkapnya di sini

 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023