Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo mengatakan ASEAN Para Games 2023 Kamboja dapat menjadi pemanasan dan bekal para atlet paralimpik Indonesia menuju Asian Para Games 2023 Hangzhou dan Paralimpiade 2024 Paris.

Untuk itu, ia ingin para atlet paralimpik Indonesia yang berjuang di ajang multicabang mendatang bisa menuai prestasi terbaik di Kamboja.

"Paradigma prestasi olahraga nasional memiliki target prestasi pada Paralimpic atau Paralimpiade. Artinya multievent ASEAN Para Games dan Asian Para Games kita jadikan sebagai target antara menuju Paralimpiade (Paris) mendatang," kata Menpora Dito, dikutip dari laman resmi Kemenpora, Selasa.

Menurut Menpora, hasil dari prestasi di ASEAN dan Asian Para Games akan menjadi faktor penentu untuk bisa melangkah ke ajang tertinggi Paralimpiade.

"Maka berjuanglah, bertandinglah semaksimal mungkin menjunjung tinggi sportivitas. Karena hasil ASEAN dan Asian Para Games dapat menjadi tolok ukur untuk perjuangan menuju paralimpiade mendatang," ujar Dito.

Baca juga: Menpora antisipasi kemungkinan kecurangan di ASEAN Para Games Kamboja

Lebih lanjut, Menpora menilai sepanjang sejarah Indonesia, kontingen Merah Putih selalu memperoleh hasil membanggakan, sehingga target untuk menjadi juara umum ASEAN Para Games selalu ada di depan mata.

"Pengalaman SEA Games Kamboja memang tuan rumah banyak ketidakadilan, tapi saya sudah sampaikan agar hal itu tidak menyurutkan semangat kita untuk tetap berjuang dan semoga semangatnya jadi lebih tinggi. Persiapan pelaksanaan APG ini, Kamboja banyak meminjam aset dan peralatan dari Indonesia karena memang Indonesia dinilai menjadi negara yang paling siap dalam pengembangan atlet difabel," jelas Dito.

Di sisi lain, Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia Andi Herman mengatakan pada ASEAN Para Games ke-12 ini, Skuad Garuda mengirim sebanyak 286 atlet dengan mengikuti 12 cabang olahraga.

Sedangkan total jumlah anggota kontingen Indonesia yang dikirim ke Kamboja sebanyak 500 orang.

Untuk target perolehan medali mencakup emas sebanyak 121 medali, perak sebanyak 92 medali, dan perunggu sebanyak 84 medali.

ASEAN Para Games 2023 Kamboja akan digelar pada 3 hingga 9 Juni.

Baca juga: Indonesia targetkan juara umum pada ASEAN Para Games Kamboja 2023
Baca juga: Jendi Pangabean bidik "hattrick" lima emas pada ASEAN Para Games 2023

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023