Jakarta (ANTARA) - Pemain Borussia Dortmund Jude Bellingham terpilih sebagai pemain terbaik Liga Jerman atau Bundesliga untuk musim 2022-2023 meski gagal membawa timnya juara.

Bellingham terpilih menjadi pemain terbaik didasarkan pada voting yang dilakukan oleh suporter, klub, dan para pakar sepak bola.

''Saya tidak percaya (menerima penghargaan). Terima kasih untuk semuanya, ini adalah kebahagiaan besar bagi saya. Penghargaan seperti ini selalu diberikan kepada pemain yang mencetak gol terbanyak atau memberikan assist terbanyak,'' kata Jude Bellingham melansir laman resmi klub, Selasa (30/5).

Pemain berkebangsaan Inggris itu mengalahkan kandidat kuat lainnya seperti penyerang RB Leipzig Christoper Nkunku yang menjadi pencetak gol terbanyak Bundesliga musim ini dengan 16 gol.

''Saya sangat senang karena para penggemar memberikan suara dan mereka jelas menikmati melihat saya bermain. Ini mungkin salah satu hadiah yang paling saya banggakan sejak pertama kali bermain untuk klub ini," ungkap Bellingham.

Baca juga: Ditahan imbang Mainz 2-2, Borussia Dortmund gagal juara Bundesliga

Pemain berusia 19 tahun itu tampil impresif dengan bermain sebanyak 31 pertandingan, mencetak delapan gol, dan memberikan empat assist.

Perannya sebagai gelandang tengah membuatnya menjadi pemain yang banyak melakukan tekel sukses di Bundesliga dengan total 482 tekel sepanjang musim ini.

Peran Bellingham juga begitu krusial di dalam lapangan bagi Borussia Dortmund musim ini. Meski baru empat musim membela Dortmund sejak didatangkan dari Birmingham City pada 2019, Bellingham menjadi kapten ketiga dari tim yang bermarkas di Stadion Signal Iduna Park itu, di bawah kapten utama Marco Reus dan kapten kedua Mats Hummels.

Namun, beberapa rumor transfer mengaitkan bahwa musim ini akan menjadi musim terakhir Bellingham berseragam klub hitam dan kuning itu. Mantan pemain Birmingham City itu santer dikabarkan akan berlabuh ke klub Spanyol Real Madrid.

Baca juga: Bayern Muenchen langsung pecat Oliver Khan setelah juara Bundesliga
Baca juga: Muller jadi pemain paling banyak angkat trofi Bundesliga

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023