Kami bersama Bupati Belitung sudah membahas persiapan-persiapan untuk menyukseskan ASEAN Blue Economy
Belitung (ANTARA) - Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu memantapkan persiapan forum pertemuan tingkat Menteri ASEAN Blue Economy di Pulau Belitung pada 1 hingga 5 Juli 2023, guna menyukseskan kegiatan berskala internasional itu.

"Kami bersama Bupati Belitung sudah membahas persiapan-persiapan untuk menyukseskan ASEAN Blue Economy ini," kata Suganda Pandapotan Pasaribu di Belitung, Selasa.

Ia bersyukur pemerintah pusat kembali memberikan kepercayaan kepada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan forum pertemuan tingkat Menteri ASEAN Blue Economy di Pulau Belitung pada 1 hingga 5 Juli 2023.

"Persiapkan semua, sarana prasarana yang harus dilengkapi segera. Termasuk bazar UMKM masyarakat, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.

Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie menyampaikan sesuai dengan surat yang telah diterimanya dan dalam lampiran surat itu memuat poin-poin yang perlu dipenuhi dalam penyelenggaraan ASEAN Blue Economy diantaranya ketersediaan kendaraan sesuai yang telah ditentukan, penyiapan tempat dan venue acara, dekorasi, susunan destinasi wisata dan susunan acaranya lainnya.

"Saat ini kami belum dapat informasi terkait dukungan dari pihak penyelenggara, guna merinci apa saja yang harus dipersiapkan oleh pihak Pemkab Belitung dan Belitung Timur," katanya.

Bupati Belitung Sahani Saleh menambahkan untuk menyambut ASEAN Blue Economy mendatang akan banyak kegiatan yang akan dilaksanakan.

Ivent ini bertepatan dengan Hari Jadi Kota Tanjungpandan, sehingga Pemkab Belitung akan melaksanakan kegiatan Expo yang bisa menambah semarak kegiatan Asean Blue Economy tersebut.

"Sebelumnya kita juga sudah dua kali melaksanakan kegiatan Belitong For Asean 2023 ini, yaitu untuk tingkat junior dan senior. Selain Blue Economy kita juga menawarkan Green Economy pada kegiatan tersebut," katanya.

Baca juga: Dosen UI: Blue Economy startegi pengembangan ekonomi maritim Indonesia
Baca juga: Bappenas sebut ekonomi biru penting karena ASEAN terhubung oleh lautan

Pewarta: Aprionis
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023