Periode angkutan haji yang dilayani khusus embarkasi berlangsung sejak 24 Mei hingga 22 Juni 2023, dengan rencana debarkasi dilaksanakan pada 3 Juli hingga 3 Agustus 2023. Pada tahun ini, Damri mengoperasikan sebanyak 150 armada bus dan 28 truk logis
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum (Perum) Damri mengoperasikan 178 armada untuk melayani sekitar 157 ribu calon haji yang terdiri atas 428 kloter.

Damri juga bekerja sama dengan PT Garuda Indonesia dan PT Ayuberga dalam layanan angkutan haji 2023.

Corporate Secretary Damti Akhmad Zulfikri dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, mengatakan Damri kembali mengoperasikan program angkutan haji yang tersebar di 12 embarkasi kantor cabang, yaitu Jakarta, Bekasi, Banda Aceh, Medan, Padang, Bandung, Palembang, Solo, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, dan Mataram.

"Periode angkutan haji yang dilayani khusus embarkasi berlangsung sejak 24 Mei hingga 22 Juni 2023, dengan rencana debarkasi dilaksanakan pada 3 Juli hingga 3 Agustus 2023. Pada tahun ini, Damri mengoperasikan sebanyak 150 armada bus dan 28 truk logistik," kata Fikri.

Baca juga: Damri layani rute menuju berbagai destinasi pariwisata di Yogyakarta

Berikut proses embarkasi jamaah haji 2023 di beberapa daerah dengan armada Damri.

Pertama, Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara embarkasi untuk area Jakarta dan Bekasi. Embarkasi Jakarta memiliki jamaah haji sebanyak 24.758 orang, sedangkan embarkasi Bekasi memiliki jamaah haji sebanyak 30.235 orang dengan kloter keduanya sebanyak 124 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi.

Kedua, Bandara Internasional Iskandar Muda (Banda Aceh) merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Banda Aceh dan sekitarnya. Embarkasi Banda Aceh memiliki jamaah haji sebanyak 4.433 orang dengan kloter sebanyak 12 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Banda Aceh.

Ketiga, Bandara Internasional Kualanamu (Medan) merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Medan dan sekitarnya. Embarkasi Medan memiliki jamaah haji sebanyak 8.433 orang dengan kloter sebanyak 22 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Medan.

Keempat, Bandara Internasional Minangkabau (Padang) merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Padang, Sumatera Barat dan sekitarnya. Embarkasi Padang memiliki jamaah haji sebanyak 6.329 orang dengan kloter sebanyak 17 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Padang.

Baca juga: AP I siapkan enam bandara dukung kelancaran angkutan haji 2023

Kelima, Bandara Internasional Kertajati merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Majalengka dan sekitarnya. Embarkasi ini memiliki jamaah haji sebanyak 8.968 orang dengan kloter sebanyak 19 kloter.

Keenam, Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (Palembang) merupakan bandara embarkasi untuk area Palembang dan sekitarnya. Embarkasi Pelembang memiliki jamaah haji sebanyak 8.192 orang dengan kloter sebanyak 20 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Palembang.

Ketujuh, Bandara Internasional Adi Soemarmo (Solo) merupakan bandara embarkasi untuk area Solo dan sekitarnya. Embarkasi Solo memiliki jamaah haji sebanyak 33.994 orang dengan kloter sebanyak 95 kloter.

Kedelapan, Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (Balikpapan) merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Balikpapan dan sekitarnya. Embarkasi Balikpapan memiliki jamaah haji sebanyak 5.788 dengan kloter sebanyak 20 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Balikpapan.

Kesembilan, Bandara Internasional Syamsudin Noor (Banjarmasin) merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Banjarmasin dan sekitarnya. Embarkasi Banjarmasin memiliki jamaah haji sebanyak 5.505 dengan kloter sebanyak 16 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Banjarmasin.

Kesepuluh, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (Makassar) merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Makassar dan sekitarnya. Embarkasi Makassar memiliki jamaah haji sebanyak 15.888 orang dengan kloter sebanyak 41 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Makassar.

Kesebelas, Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok (Mataram) merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Lombok dan sekitarnya. Embarkasi Lombok memiliki jamaah haji sebanyak 4.554 orang dengan kloter sebanyak 12 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Lombok.

Baca juga: Kemenag-Garuda Indonesia teken kontrak angkutan jamaah haji

Fikri mengatakan Damri bersama seluruh stakeholders terkait berkomitmen untuk terus mendukung kelancaran peserta jamaah haji dalam pemberangkatan maupun pemulangan jamaah haji 2023.

"Damri berharap dapat memberikan pelayanan terbaiknya dalam melayani calon jamaah haji tahun ini," ucap Fikri.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023