Surabaya (ANTARA News) - Tim putra Malaysia diperkuat oleh pemain nasional yang akan diturunkan pada SEA Games 2013 dalam kejuaraan Djarum Superliga yang mulai berlangsung Minggu (3/2) besok di DBL Arena, Surabaya.

Pelatih Hendrawan menyebutkan kejuaraan yang bertotal hadiah Rp1.6 miliar ini dimanfaatkan Malaysia untuk ajang uji coba persiapan menjelang SEA Games yang akan berlangsung Desember mendatang di Myanmar.

"Sepertinya kami tim yang satu-satunya membawa atlet nasionalnya," kata Hendrawan yang juga mantan tunggal putra Indonesia  saat jumpa pers di Surabaya, Sabtu.

Hendrawan yang telah melatih di Malaysia selama empat tahun itu mengatakan hanya tunggal putra Lee Chong Wei dan ganda putra Koo Kien Keat-Tan Boon Heong yang tidak turut memperkuat tim mereka yang tergabung dalam Malaysia Tigers. Lee Chong Wei sendiri dipinang oleh klub Indonesia, Musica Champion.

"Ini adalah kekuatan terbaik, minus Lee Chong Wei dan Koo Kien Keat-Tan Boon Heong," tambahnya.

Ia menambahkan ajang ini tidak hanya dimanfaatkan untuk uji coba SEA Games tetapi juga sejumlah kejuaraan lainnya, termasuk Piala Sudirman. Pemain unggulan Malaysia peringkat 12 dunia, Liew Daren dan ganda putra ranking sembilan dunia, Hoon Tien How-Tan Wee Kiong siap menunjukkan kemampuan mereka.

"Beberapa pemain dari lawan juga akan bermain di Piala Sudirman. Jadi kita akan berusaha mencapai target terbaik, karena tentunya berbeda bermain di perorangan dan beregu," jelasnya.

Terkait target dari timnya yang baru pertama kali mengikuti kejuaraan Superliga ini, Hendrawan pun memasang target maksimal. "Minimal bisa masuk semifinal," katanya.

Selain Malaysia Tigers, kejuaraan yang pertama kali digelar pada tahun 2007 ini juga diikuti klub asal Jorea dan Jepang. Sebanyak sepuluh tim putra dan delapan tim putri akan beradu pada kejuaraan yang akan berlangsung mulai tanggal 3 hingga 9 Februari mendatang.

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013