Indeks STOXX 600 pan-Eropa merosot 0,2 persen pada pukul 07.16 GMT, dengan aktivitas perdagangan diperkirakan mendapatkan momentum
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa tergelincir pada awal perdagangan Selasa, tertekan oleh ketidakpastian apakah Kongres akan menghapus kesepakatan plafon utang AS dan mencegah gagal bayar yang membawa bencana.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa merosot 0,2 persen pada pukul 07.16 GMT, dengan aktivitas perdagangan diperkirakan akan mendapatkan momentum karena pasar AS dan Inggris dibuka kembali setelah libur akhir pekan yang panjang.

Segelintir anggota parlemen sayap kanan Republik mengatakan pada Senin (29/5/2023) bahwa mereka akan menentang kesepakatan untuk menaikkan plafon utang Washington sebesar 31,4 triliun dolar AS, sebagai tanda bahwa perjanjian bipartisan dapat menghadapi jalan berbatu melalui Kongres sebelum AS kehabisan uang minggu depan.

Baca juga: Saham Eropa dibuka naik didukung optimisme kesepakatan utang AS

Di antara saham-saham individu, Nestle menyusut 0,8 persen setelah kelompok produsen makanan Swiss itu mengatakan telah mempekerjakan Anna Manz, kepala keuangan di London Stock Exchange Group, sebagai kepala keuangan baru.

Unilever PLC turun 0,6 persen setelah raksasa produsen barang konsumen itu mengatakan Chief Financial Officer Graeme Pitkethly akan pergi pada akhir Mei 2024.

Saham Aroundtown turun hampir 2,0 persen ke rekor terendah setelah perusahaan real estat Jerman itu menerbitkan hasil kuartal pertamanya.

Kepercayaan konsumen zona euro dan data sentimen ekonomi untuk Mei, antara lain, akan dirilis hari ini.

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat didorong sektor pertambangan dan teknologi

Baca juga: Saham Eropa dibuka datar setelah aksi jual, didukung pembuat cip

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023