Jakarta (ANTARA) - Perusahaan layanan iklan global WPP menggaet perusahaan teknologi Nvidia untuk memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam memproduksi iklan bagi kliennya.

Kerja sama antara Nvidia dan WPP diumumkan oleh CEO Nvidia, Jensen Huang, pada Senin (29/5) dalam sebuah kegiatan demonstrasi di Computex Taipei.

"AI generatif mengubah dunia pemasaran dengan kecepatan luar biasa. Teknologi baru ini akan mengubah cara merek membuat konten untuk penggunaan komersial," kata CEO WPP, Mark Read, dilansir dari NBC Palm Springs yang terbit pada 29 Mei waktu setempat.

Platform produksi iklan yang diciptakan oleh Nvidia memungkinkan tim kreatif dari WPP untuk mengintegrasikan konten dari berbagai sumber seperti Adobe dan Getty Images dengan menggunakan AI untuk memproduksi konten iklan.

Baca juga: Nvidia tingkatkan "chip video game" dengan teknologi AI

Teknologi tersebut membuat WPP dapat memproduksi konten iklan dalam jumlah besar seperti gambar atau video lebih efisien, tepat, dan imersif.

Dalam demonstrasi yang dilakukan Huang, WPP membuat rekaman realistik dari sebuah mobil yang melaju melewati gurun pasir.

Dengan platform pembuat konten iklan berteknologi AI, video mobil tersebut dapat ditampilkan di jalanan London atau Rio de Janeiro, untuk target pasar Brazil, tanpa membutuhkan biaya produksi iklan untuk datang ke lokasi.

Baca juga: Google klaim super komputernya lebih cepat dari Nvidia

AI tersebut juga dapat melakukan kustomisasi konten untuk beberapa kanal digital berbeda seperti Facebook dan Tiktok.

Platform tersebut menjadi contoh bagaimana teknologi AI dengan cepat dimanfaatkan oleh perusahaan besar untuk meningkatkan produktivitas dan menyampaikan produk baru kepada pelanggan.

Banyak pelaku industri media dan iklan yang khawatir terhadap ancaman AI bagi pekerjaan mereka karena AI dapat mengumpulkan informasi dan menciptakan konten visual yang serupa dengan foto.

Baca juga: NVIDIA jalin kerjasama dengan Asus dan GeForce dukung insan kreatif

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023