...peningkatan kompetensi Ahli K3 sangat penting dilaksanakan sebagai sarana komunikasi dan edukasi, agar para Ahli K3 dapat menambah wawasan tentang K3, sehingga implementasi K3 di semua tempat terlaksana dengan baik, dan tercapai nihil kecelakaan k
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus meningkatkan kompetensi Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) guna menekan terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja serta menjaga dan mendorong produktivitas usaha.

Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker Haiyani Rumondang dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, mengatakan keberadaan, posisi, dan peran ahli K3 sangat strategis di tempat kerja sebagai tenaga teknik berkeahlian khusus dari luar Kemnaker untuk mengawasi dan memastikan ditaatinya peraturan perundang-undangan bidang K3.

"Oleh karenanya, selain merupakan target pencapaian rencana strategis Kemnaker, peningkatan kompetensi Ahli K3 sangat penting dilaksanakan sebagai sarana komunikasi dan edukasi, agar para Ahli K3 dapat menambah wawasan tentang K3, sehingga implementasi K3 di semua tempat terlaksana dengan baik, dan tercapai nihil kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja," ujar Haiyani dalam sambutan pembukaan Peningkatan Kompetensi Ahli K3 Tahun 2023.

Oleh karena itu, lanjutnya, melalui kegiatan itu pihaknya akan menyampaikan kebijakan-kebijakan baru mengenai K3 dan perkembangan K3 yang dapat dipelajari bersama oleh sesama Ahli K3.

Baca juga: Menaker: Jumlah kecelakaan kerja meningkat beberapa tahun terakhir
Baca juga: Menaker minta semua pihak optimalkan penerapan K3 di tempat kerja


"Selain itu kegiatan ini diharapkan mampu membuka pintu kolaborasi dan sinergi agar semua stakeholders ikut mendukung peran Kementerian Ketenagakerjaan dalam mendorong percepatan penguatan SDM," tuturnya.

Ia pun menyampaikan apresiasi kepada Ahli K3 yang selama ini telah melaksanakan tugas dengan baik, mengawal pemenuhan syarat-syarat K3 di tempat kerja, melakukan inovasi, dan mencari terobosan baru, untuk mengembangkan implementasinya.

"Semoga upaya saudara-saudara dapat terus dilaksanakan, dapat terus diikuti, dan terus dikembangkan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kepedulian pekerja, khususnya dan masyarakat umumnya, tentang K3 melalui pendekatan ilmu pengetahuan dan teknologi," ujarnya.

Baca juga: Ahli UI soroti data dan analisis K3 yang belum terintegrasi
Baca juga: Ahli K3 ingatkan pengendara berprilaku aman saat

 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023