Tiap penerima anugerah dan pemenang lomba telah melalui proses kurasi dengan indikator yang jelas dan ketat, salah satunya pada kategori perguruan tinggi pelaksana program Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) terbaik
Malang (ANTARA) - Universitas Brawijaya (UB) meraih Anugerah Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk kategori Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (Satgas PPKS)

Rektor Universitas Brawijaya Prof Widodo dalam keterangan tertulis yang diterima di Malang, Jawa Timur, Selasa, mengaku penghargaan ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi sivitas akademika UB dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2023.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Universitas Brawijaya atas kerja kerasnya, sehingga mendapat apresiasi dari Kemendikbudristek,” kata Prof Widodo.

Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar yang diterima Universitas Brawijaya tersebut juga dalam rangka memperingati Hardiknas, sekaligus sebagai perayaan Bulan Merdeka Belajar yang diselenggarakan di Gedung Kesenian Trimurti, Kompleks Prambanan, Yogyakarta, Senin (29/5).

Baca juga: Universitas Brawijaya raih empat penghargaan Anugerah Diktiristek 2021

Sementara itu Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbudristek Suharti dalam pidatonya menyebut penerima penghargaan tersebut telah melalui berbagai proses.

“Tiap penerima anugerah dan pemenang lomba telah melalui proses kurasi dengan indikator yang jelas dan ketat, salah satunya pada kategori perguruan tinggi pelaksana program Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) terbaik,” kata Suharti.  

Menurut Suharti, penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi disertai bukti implementasi Peraturan Mendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 serta berdasarkan hasil verifikasi dari Inspektorat Jenderal (Irjen) Kemendikbudristek sebagai satuan kerja yang bertanggung jawab pada penanganan kekerasan seksual di Kemendikbudristek.

Baca juga: Inovasi peneliti Universitas Brawijaya raih Diamond IHI Award
Baca juga: Kemendikbud perluas akses perguruan tinggi RI di kancah global

 

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023