Saya tidak akan terkejut jika hasil pemungutan suara pertama gagal dan mereka harus kembali lagi
New York (ANTARA) - Saham-saham di Wall Street beragam pada penutupan Selasa (Rabu pagi WIB), tertekan oleh kekhawatiran tentang anggota parlemen AS yang menentang kesepakatan untuk menaikkan plafon utang 31,4 triliun dolar AS, tetapi didukung lonjakan saham Nvidia yang mengangkat pembuat cip tersebut ke klub langka perusahaan senilai satu triliun dolar AS.

Indeks Dow Jones Industrial Average merosot 50,56 poin atau 0,15 persen, menjadi menetap di 33.042,78 poin. Indeks S&P 500 naik tipis 0,07 poin atau 0,00 persen, menjadi berakhir di 4.205,52 poin. Indeks Komposit Nasdaq bertambah 41,74 poin atau 0,32 persen, menjadi ditutup pada 13.017,43 poin.

Dari 11 sektor utama S&P 500 hanya tiga sektor yang berakhir lebih tinggi, sementara jumlah saham yang mencatat penurunan melebihi yang membukukan kenaikan di S&P 500 dan Nasdaq.

Indeks S&P 500 pada dasarnya ditutup datar tetapi tetap mendekati level tertinggi sejak Agustus 2022, tepat di atas 4.200 poin. Dow Jones Industrial Average juga lebih rendah sementara Komposit Nasdaq naik. S&P 500 dan Nasdaq masih ditetapkan untuk mencatat kenaikan bulanan pada Mei.

Selama akhir pekan, Presiden AS Joe Biden dan Ketua DPR dari Partai Republik Kevin McCarthy setuju untuk menangguhkan sementara plafon utang dan membatasi sebagian pengeluaran federal.

Pada Selasa (30/5/2023), McCarthy mengatakan kesepakatan itu akan menjadi "mudah" bagi Partai Republik untuk memilih dan kemungkinan besar akan disahkan, tetapi beberapa Republikan sayap kanan mengatakan mereka menentang kesepakatan bipartisan tersebut.

"Saya tidak akan terkejut jika hasil pemungutan suara pertama gagal dan mereka harus kembali lagi," kata Sam Stovall, kepala strategi investasi di CFRA di New York. Tapi saya sangat yakin perjanjian plafon utang akan disetujui sebelum tanggal jatuh 5 Juni."

Komite Aturan DPR mulai mempertimbangkan RUU setebal 99 halaman, dengan Gedung Putih mengatakan Biden berbicara dengan anggota Kongres Demokrat yang progresif dan moderat.

Nvidia Corp memangkas keuntungan setelah mencetak rekor tertinggi. Perusahaan mengantisipasi lonjakan permintaan untuk cip kecerdasan buatan atau AI-nya yang mendukung sensasi chatbot ChatGPT dan aplikasi lainnya.

Pembuat cip tersebut melonjak 3,0 persen untuk ditutup dengan kapitalisasi pasar sekitar 991 miliar dolar AS, sedikit di bawah klub elit dari enam perusahaan senilai satu triliun dolar AS atau lebih.

"Nvidia mewakili kualitas tertentu untuk AI saat ini," kata Thomas Hayes, ketua di Great Hill Capital LLC. "Jika tren AI ini nyata, permintaan langsungnya adalah cip dan daya komputasi.

Digital Realty menguat 1,7 persen setelah melonjak 14,6 persen pada dua sesi sebelumnya karena ekspektasi pusat data akan mendapat manfaat dari komputasi AI.

Kenaikan suku bunga Federal Reserve untuk melawan inflasi yang membandel menghambat pertumbuhan ekonomi dan laba perusahaan, menyisakan sekitar 20 perusahaan untuk mendorong pengembalian total 10 persen untuk S&P 500 sepanjang tahun ini, kata Anthony Saglimbene, kepala strategi pasar di Ameriprise Financial di Troy, Michigan.

"Mendapatkan legilasi plafon utang yang ditandatangani menjadi undang-undang tidak akan menghapus overhang lain yang masih ada di pasar," katanya, menambahkan bahwa mayoritas saham pada dasarnya di kisaran ketat tahun ini.

"Itu lebih menggambarkan lingkungan pasar ini daripada kinerja indeks sebenarnya dari segelintir saham teknologi ini."

Data menunjukkan kepercayaan konsumen naik lebih dari yang diperkirakan pada Mei, yang dapat memicu spekulasi bahwa Fed mungkin akan menaikkan suku bunga lebih banyak untuk melawan inflasi.

Pedagang berjangka menetapkan peluang 65 persen kenaikan suku bunga 25 basis poin pada akhir pertemuan pembuat kebijakan Fed pada 13-14 Juni.

Laporan pengangguran Departemen Tenaga Kerja yang diawasi ketat untuk Mei, yang akan dirilis pada Jumat (2/6/2023), akan mengisyaratkan seberapa tangguh perekonomian karena suku bunga yang lebih tinggi menghambat jalur kredit perusahaan.

Saham Tesla naik, memperpanjang kenaikan Jumat (26/5/2023). CEO Elon Musk tiba di ibu kota China, Beijing, untuk pertama kalinya dalam tiga tahun.

Baca juga: Wall St ditutup menguat ditopang harapan kesepakatan plafon utang
Baca juga: Wall Street ditutup beragam di tengah reli saham teknologi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023