Diantaranya adalah pembangunan pelabuhan samudra di ujung Timur Jambi, perluasan Bandara Sultan Thaha, Jambi dan pembangunan infrastruktur jalan,"
Jambi  (ANTAR News) - Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa menyatakan, tiga proyek pembangunan di Provinsi Jambi akan didorong untuk masuk dalam program Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

"Diantaranya adalah pembangunan pelabuhan samudra di ujung Timur Jambi, perluasan Bandara Sultan Thaha, Jambi dan pembangunan infrastruktur jalan," ujar Hatta Rajasa di Jambi, Senin.

Menurut dia, dengan masuknya tiga program tersebut pada MP3EI, seluruh pembiayaannya akan masuk pada draft Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan akan diprioritaskan.

"Saya akan dorong terus, khusus untuk pembangunan bandara Sultan Thaha Jambi juga sudah diintruksikan langsung oleh Presiden agar tuntas pada 2014 mendatang," katanya.

Sebagaimana diketahui, Bandara Sultan Thaha Jambi diproyeksikan untuk menjadi bandara internasional. Selain pengembangan terminal bandara, landasan pacu juga akan ditambah dari sebelumnya yang hanya 2.400 meter.

Bahkan, setelah pengembangan bandara ini jadi, Bandara Sultan Thaha juga akan diproyeksikan sebagai bandara embarkasi haji.

Lebih lanjut Hatta mengatakan, selain bandara, pemerintah juga mendorong percepatan pembangunan pelabuhan Ujung Jabung Jambi yang berlokasi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi.

Pembangunan pelabuhan itu, kata dia, merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan perekonomian di Sumatra, khususnya di Jambi. Dimana daerah ini masuk dalam rencana pembangunan kawasan ekonomi terpadu.

Untuk mewujudkan percepatan pembangunan pelabuhan itu, pemerintah merasa perlu menggandeng swasta melalui Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS). Kerja sama itu dalam bentuk penyediaan infrastruktur.

"Kerjasama dengan swasta tengah dijajaki, sementara untuk pembangunan pelabuhan ini juga sudah mulai dkucurkan anggarannya. Salah satunya adalah untuk pembebasan lahan," tambahnya.

Pelabuhan Ujung Jabung di Kabupaten Tanjung Jabung Timur digadang gadang akan menjadi pintu gerbang perekonomian Sumatra dibagian timur khususnya di Provinsi Jambi.

Untuk mendorong hal itu, Pemprov Jambi aktif menggandeng investor agar bisa menanamkan modalnya di Jambi seiring penyelesaian pelabuhan tersebut.

(KR-BS/M019)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013