Jakarta (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta melantik Bastian P Simanjuntak sebagai anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra untuk menggantikan M Taufik yang meninggal dunia beberapa waktu lalu.

"Berdasarkan surat tersebut maka meresmikan pemberhentian saudara M Taufik sebagai anggota DPRD DKI Jakarta dan meresmikan pengangkatan saudara Bastian P Simanjuntak sebagai anggota DPRD DKI Jakarta pergantian antarwaktu (PAW) dari Fraksi Partai Gerindra," kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi di Ruang Paripurna Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu.
 
Pelantikan tersebut berdasarkan keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Nomor 100.2.1.3-1158 12 Mei 2023 tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD DKI Jakarta dari F-Gerindra M Taufik serta Keputusan Mendagri RI nomor 1.2.1.3-1159 pada 2023 tertanggal 12 Mei 2023 tentang Peresmian Pengangkatan Bastian sebagai PAW sisa masa jabatan 2019-2024.
 
Rapat paripurna pelantikan anggota PAW tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi didampingi oleh tiga Wakil Ketua DPRD DKI, Rani Mauliani, Misan Samsuri dan Khoirudin.
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi saat menyematkan lencana anggota DPRD DKI di baju Bastian P Simanjuntak sebagai anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Gerindra di Ruang Paripurna Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (31/5/2023). ANTARA/Siti Nurhaliza

Rapat juga dihadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono beserta jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda).
 
Dalam pelantikan tersebut, Prasetyo mengucapkan sumpah dan janji jabatan yang diikuti oleh Bastian P Simanjuntak.

"Demi Tuhan, saya bersumpah, berjanji, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPRD DKI Jakarta dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman kepada Pancasila dan UUD 1945," ucap Bastian.

Setelah pengucapan sumpah dan janji jabatan, Bastian menandatangani berita acara. Lalu, Prasetyo menyematkan lencana anggota DPRD DKI di baju Bastian.

Baca juga: Anggota DPRD DKI M Taufik meninggal dunia karena kanker paru
Baca juga: Jenazah M Taufik dimakamkan di Al-Azhar Memorial Garden Karawang

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023