Indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,7 persen mencapai tingkat terendah sejak 31 Maret
Bengaluru (ANTARA) - Saham Eropa jatuh pada awal perdagangan Rabu, menyentuh tingkat terendah dua bulan karena data ekonomi yang lemah dari China memicu kekhawatiran tentang perlambatan global dan melawan optimisme dari tanda-tanda penurunan inflasi di beberapa ekonomi utama zona euro.

Indeks STOXX 600 pan-Eropa tergelincir 0,7 persen mencapai tingkat terendah sejak 31 Maret.

Pasar saham regional utama berada di jalur untuk mencatat kerugian bulanan, dengan FTSE 100 London dan CAC 40 Paris di antara yang paling terpukul. Kedua indeks juga diperdagangkan pada level terendah dua bulan pada Rabu.

Baca juga: Saham Eropa turun, investor pertimbangkan risiko kesepakatan utang AS

Pembuat mobil dan barang industri dan jasa yang terkait dengan China memimpin kerugian sektoral di Eropa setelah data menunjukkan aktivitas pabrik di negara Asia itu menyusut lebih cepat dari yang diperkirakan pada Mei, karena melemahnya permintaan. China adalah mitra dagang utama Jerman.

Melawan suasana suram, angka menunjukkan inflasi Prancis mendingin lebih dari yang diharapkan pada Mei, sementara negara bagian Jerman North Rhine-Westphalia juga melihat penurunan tekanan harga bulan ini.

Saham perusahaan real estat Swedia yang bermasalah, SBB, merosot 7,6 persen ke level terendah dalam tujuh tahun.

Baca juga: Saham Eropa dibuka naik didukung optimisme kesepakatan utang AS

Baca juga: Saham Eropa dibuka datar setelah aksi jual, didukung pembuat cip

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023