Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) mengirim tiga atlet untuk mengikuti Kejuaraan Atletik Asia U-20 atau 20th Asian U20 Athletics Championships di Yecheon, Korea Selatan pada 4-7 Juni.

Mereka yang bertolak ke Negeri Ginseng terdiri dari satu atlet putra dan dua putri. Dari sektor putra, Indonesia mengirim Eryk Aprya Dwicandra yang akan turun pada nomor lari 100m dan 200m.

Sedangkan dua atlet putri adalah Indah Puspitasari untuk lari 100m dan 200m, serta Maria Andriani Melabessy yang akan bersaing di nomor lompat galah.

"Kami tidak mengejar target, namun kami mencari pengalaman bertanding untuk para atlet U20, karena kejuaraan U20 di kita masih sangat jarang, sehingga ini menjadi kesempatan para atlet atletik untuk berpartisipasi," kata Sekretaris Jenderal PB PASI Tigor Tanjung dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Para-atletik optimistis capai target 39 emas di ASEAN Para Games 2023

Eryk Aprya merupakan atlet berprestasi, salah satunya meraih medali emas pada nomor 100meter putra pada Kejuaraan Jatim Open 2023 yang bergulir di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jawa Timur, pada 8-10 Maret.

Pun demikian dengan Maria Andriani Melabessy yang pada 2022 meraih medali emas pada Kejuaraan Atletik Asia U-18. Lalu Indah Puspitasari juga kerap menjadi yang terbaik pada kejuaraan nasional di nomor lari jarak pendek putri.

Selama berada di Korea Selatan, atlet Indonesia akan ditemani dua pelatih yakni Kikin Rahuddin untuk lari dan Sainih dari lompat galah.

Atlet dan pelatih akan bertolak ke Negeri Ginseng pada 1 Juni melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Kejuaraan Atletik Asia U-20 adalah kejuaraan berskala besar yang masuk dalam kalender Asosiasi Atletik Asia (AAA) yang melibatkan 1.500 atlet dari 45 negara di Benua Kuning. Secara keseluruhan ada 45 nomor perlombaan.

Baca juga: AKBP Ockben siap ikuti kejuaraan World Police and Fire Games 2023
Baca juga: Nyanyi sunyi di balik hattrick emas atletik di Angkor Wat

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023