Nanti akan ditanam sebagai beautifikasi jalan tol dan dikelompokkan sesuai dengan jenis tanamannya.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan sekitar 52.000 pohon di koridor Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) Segmen 3B KKT Kariangau-Simpang (Sp) Tempadung, Kalimantan Timur.

“Nanti akan ditanam sebagai beautifikasi jalan tol dan dikelompokkan sesuai dengan jenis tanamannya. Beberapa jenis tanaman yang siap ditanam adalah pulai, ketapang kencana, suren, damar, beringin, hingga trembesi yang cocok untuk koridor jalan tol,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat peninjauan progres pembangunan Jalan Tol IKN Segmen 3B, Balikpapan, Kalimantan Timur sebagaimana keterangan diterima di Jakarta, Rabu.

Pada pembangunan jalan tol IKN segmen 3B tersebut, kata Basuki, dibangun pula 12 tenda nursery atau pembibitan seluas 2,3 hektare.

Jumlah pohon yang ditanam, kata Basuki, akan terus bertambah hingga ratusan ribu pohon di koridor jalan akses ke IKN itu. Saat ini, beberapa jenis tanaman dari total sekitar 89 jenis tanaman sedang dalam proses adaptasi dengan kondisi setempat.

Area pembibitan tersebut mendapatkan suplai air dari Sungai Rawa Buaya dengan kapasitas maksimal 5.000 liter per hari. Pengelolaan area persemaian dilakukan oleh Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) sebanyak 30 orang.

Pembangunan Jalan Tol IKN segmen 3B KKT Kariangau-Sp. Tempadung sepanjang 7,325 km merupakan jalan lanjutan dari segmen 3A Karang Joang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km.

Kemudian, jalan tol berlanjut menuju Segmen 5A Sp. Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km yang ditargetkan rampung pada 2024.

Basuki mengatakan pembangunan Jalan Tol IKN yang nantinya tersambung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda tersebut dilakukan dalam rangka mempercepat konektivitas menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara.

“Nanti kalau sudah ada Jalan Tol IKN ini waktu tempuh menuju KIPP kira-kira hanya 30-40 menit saja. Kalau sekarang kan masih sekitar 2 jam,” kata Basuki.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur Reiza Setiawan menambahkan, saat ini progres pembangunan jalan tol tersebut telah mencapai 22,24 persen.

“Pekerjaan dilakukan oleh PT Wika-PT PP-dan PT Jaya Konstruksi (KSO) dengan target penyelesaian pada Juni 2024. Total panjang jalan tol, yaitu 7,325 km dengan nilai kontrak sebesar Rp 1,9 triliun” kata Reiza.
Baca juga: Presiden: Jalan tol Balikpapan ke kawasan Inti IKN selesai akhir 2024
Baca juga: Jasa Marga siap dukung pengoperasian jalan tol di IKN Nusantara


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023