Adanya rute baru Super Air Jet ini akan menjadi tambahan pendorong ekonomi masyarakat Banyuwangi.
Banyuwangi (ANTARA) - Maskapai Super Air Jet (SAJ) resmi membuka rute penerbangan baru Jakarta-Banyuwangi pulang-pergi (PP) dengan menawarkan konsep maskapai berbiaya rendah dengan target utamanya adalah kaum milenial.

Direktur Komersial Super Air Jet Noviyanti Harahap mengemukakan bahwa SAJ membuka rute baru Jakarta-Banyuwangi PP, karena Banyuwangi adalah destinasi potensial untuk pembukaan rute penerbangan baru.

"Semua penerbangan kami adalah penerbangan kelas ekonomi. Jadi, sangat cocok untuk kantong kaum milenial," ujar Noviyanti dalam keterangan tertulis yang diterima di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu.

Kabupaten Banyuwangi yang memiliki banyak destinasi yang eksotis, kata dia, mampu menjadi magnet wisatawan datang ke kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

"Inilah yang kami tangkap bahwa demand-nya cukup besar. Maka SAJ hadir untuk memfasilitasi wisatawan, khususnya kaum milenial yang ingin berkunjung ke Banyuwangi," kata Noviyanti.

Ke depan, katanya lagi, SAJ juga membuka peluang dibukanya rute baru dari dan menuju Banyuwangi, salah satunya rute Banyuwangi-Kalimantan maupun Banyuwangi ke daerah-daerah lainnya.

"Ini sudah masuk dalam salah satu strategi pemasaran kami. Semoga bisa segera terlaksana," kata Noviyanti.

Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah menyambut baik adanya tambahan penerbangan rute Jakarta-Banyuwangi oleh Maskapai Super Air Jet.

"Adanya rute baru Super Air Jet ini akan menjadi tambahan pendorong ekonomi masyarakat Banyuwangi," katanya pula.

Wabup Sugirah mengaku, kehadiran Super Air Jet semakin melengkapi pilihan penerbangan bagi pelaku bisnis, wisatawan, maupun masyarakat. Apalagi, Super Air Jet menawarkan layanan maskapai berbiaya hemat, sehingga lebih terjangkau.

"Ini akan menjadi pilihan penerbangan yang menarik bagi semua pihak yang hendak berkunjung ke Banyuwangi, khususnya kaum milenial, yang ingin berwisata, atau mengenyam pendidikan di Banyuwangi. Karena Super Air Jet di posisi maskapai berbiaya rendah, tentunya tarifnya bersaing," ujarnya.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Banyuwangi Indrawansyah mengatakan bahwa hadirnya penerbangan ini semakin melengkapi layanan penerbangan di Bandara Internasional Banyuwangi.

"Saat ini minat penumpang sangat tinggi untuk ke Banyuwangi. Rata-rata pergerakan penumpang mencapai 450 orang per hari. Dengan hadirnya SAJ, kami harapkan bisa meningkat hingga 650 orang per hari," ujar Indrawansyah.

Peresmian pembukaan rute baru ini, ditandai penerbangan perdana Super Air Jet di Bandara Internasional Banyuwangi. Tiap hari Super Air Jet dengan armada Airbus A320-200 berkapasitas 180 penumpang akan berangkat dari Jakarta pukul 08.25 WIB, dan akan terbang kembali dari Banyuwangi menuju Jakarta pukul 10.55 WIB.

Dengan hadirnya Maskapai Super Air Jet, pilihan penerbangan dari Jakarta ke Banyuwangi semakin bertambah. Selain Super Air Jet, rute Jakarta-Banyuwangi PP juga dilayani Batik Air dan Citilink.
Baca juga: Super Air Jet ekspansi penerbangan langsung rute Manado-Balikpapan
Baca juga: Maskapai Super Air Jet buka rute Jakarta-Banyuwangi

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023