Untuk akomodasi jamaah sudah siap 100 persen,
Jakarta (ANTARA) - Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Khalilurrahman memastikan setiap layanan dalam menyambut kedatangan jamaah calon haji lanjut usia ke Makkah sudah siap, salah satunya layanan akomodasi.

"Untuk akomodasi jamaah sudah siap 100 persen. Berbagai fasilitas ramah lansia dan juga stiker-stiker imbauan untuk prioritas lansia dan disabilitas juga sudah dipasang. Insya Allah tinggal menunggu jamaah tiba," ujar Khalil dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Khalil mengatakan operasional penyelenggaraan ibadah haji segera memasuki tahap kedatangan jamaah calon haji di Makkah Al-Mukarramah.

Para peserta ibadah haji Indonesia yang berada di Madinah sejak 24 Mei 2023, secara bertahap akan diberangkatkan ke Kota Kelahiran Nabi.

Dijadwalkan, sebanyak 1.889 orang akan berangkat dari Madinah menuju Makkah pada 1 Juni 2023. Mereka terbagi dalam lima kelompok terbang (kloter), masing-masing kloter pertama Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 01), Solo (SOC), Makassar (UPG 01), Aceh (BTJ 01), dan Kualanamu/Medan (KNO 01).

Menurut Khalil, petugas haji Indonesia yang bertugas di Kota Kelahiran Nabi Muhammad Saw juga sudah siap menyambut kehadiran jamaah calon haji.

"Beberapa fasilitas pendukung bagi lansia dan disabilitas juga sudah dicek kesiapannya, seperti kursi tambahan di bawah shower dan handrail (pegangan tangan) di kamar mandi. Bahkan, di beberapa hotel disiapkan juga tombol dan lampu darurat untuk para disabilitas dan lansia," kata dia.

Selain itu, kata Khalil, fasilitas pendukung bagi jamaah di hotel juga sudah disiapkan seperti dispenser, ruang cuci dan jemur sehingga mereka dapat melakukan aktivitas layaknya di rumah sendiri.

"Di tiap kamar sudah disediakan selimut, bantal, lemari baju, lemari es, brankas serta jamaah bisa mencuci sendiri di hotel," ujarnya.

Ada 108 hotel yang sudah disiapkan di Makkah  yang tersebar di 11 sektor.

Sektor 1 dan 2 berlokasi di Mahbas Jin, sektor 3 sampai 5 berada di kawasan Syisah, sektor 6 dan 7 di Raudlah, sektor 8 dan 9 di Jarwal, dan sektor 10 dan 11 berada di Misfalah.


Baca juga: 8.479 JCH telah diberangkatkan melalui Bandara Soetta
Baca juga: 22 calhaj masih dirawat inap di KKHI Madinah

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023