Jakarta (ANTARA) - Tangerang Hawks Basketball Club berhasil membungkus kemenangan di laga terakhirnya pada IBL 2023 Seri 6 dengan skor tipis 74-72 atas Bali United Basketball Club dalam pertandingan yang digelar di GOR Amongrogo Yogyakarta, Rabu.

Danny Ray adalah pahlawan bagi Tangerang Hawks lantaran melakukan tembakan terukur di 13 detik terakhir yang membuat timnya unggul dua angka setelah Bali United menyamakan kedudukan di detik-detik terakhir laga.

Drama detik-detik terakhir yang menegangkan dimulai setelah Abraham Wenas mampu menyamakan kedudukan 72-72 lewat dua kali free throw. Hawks yang punya penguasaan bola justru membuang kesempatan karena Winston Swenjaya dan Andres Kristian Vieri gagal memasukkan tembakan tiga angka.

Melalui serangan cepat, Abraham Wenas yang mengambil bola rebound masih gagal dalam upaya tembakan yang dilakukannya. Dia malah melakukan turnover karena pelanggaran traveling.

Pelatih Hawks Antonius Joko Endratmo meminta time-out untuk menyusun serangan. Strategi yang direncanakan pun akhirnya membuahkan poin lewat Danny Ray yang membuat keputusan untuk melakukan tembakan di sisa 13 detik terakhir. Tembakan tersebut masuk dan membuat Hawks unggul 74-72.

Baca juga: Satria Muda sapu bersih kemenangan di Seri 6 Yogyakarta

Danny Ray total membukukan 18 poin, termasuk dua poin yang menjadi penentu kemenangan timnya. Tyron Criswell tampil sebagai top skorer dengan torehan 20 poin dan Teddy Apriyana menyumbang 10 poin.

Dari Bali United, Julius Bowie kembali jadi pencetak skor tertinggi dengan 15 poin. Dior Lowhorn menyelesaikan laga dengan catatan 14 poin dan 12 rebound. Surliyadin menambahkan 14 poin.

Hasil ini membuat pertarungan playoff semakin panas di dua seri reguler yang tersisa.

Hawks kini berada di posisi 11 klasemen dengan catatan sembilan menang dan 13 kalah (9-13) yang menghasilkan 31 poin. Sementara Bali United yang memainkan satu pertandingan lebih banyak berada di peringkat 10 dengan catatan 9-14 dan mengumpulkan 32 poin.

Kedua tim masih memiliki kesempatan untuk merebut minimal peringkat delapan sebagai syarat masuk babak playoff IBL 2023. Kompetisi IBL masih menyisakan dua seri reguler yang akan diselenggarakan di Bandung dan Jakarta sebelum berlanjut ke babak playoff.

Baca juga: RANS PIK akhiri seri Yogyakarta dengan kemenangan
Baca juga: Patriots kembalikan Kelvin Sanjaya ke Satria Muda usai SEA Games

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023